Sabtu, 21 September 2024
Sabtu, 21 September 2024

Wapres Ma’ruf Beri Peringatan Dunia Usaha Untuk Menjaga Kelestarian Lingkungan

JAKARTA, HOLOPIS.COM Wakil Presiden Ma’ruf Amin memperingatkan agar para pelaku dunia usaha untuk memperbaiki hasil produksi mereka untuk menjaga kelestarian lingkungan.

Dari pantauannya, Ma’ruf mengungkapkan masih banyak perusahaan yang memiliki raport merah untuk kegiatan produksi yang ramah dengan lingkungan. Oleh karena itu, dia pun memnberikan target kepada pengusaha yang standarnya masih di bawah rata rata untuk segera memperbaikinya.

“Dunia usaha harus memperhatikan lingkungan sekitarnya, baik lingkungan fisik, non-fisik, maupun lingkungan sosial. Saya meminta, tahun depan agar perusahaan yang masih peringkat Merah dapat mengejar ketertinggalan dalam upaya memenuhi standar lingkungan yang tertuang dalam berbagai peraturan pemerintah dan meningkatkan peringkatnya ke peringkat yang lebih tinggi,” kata Ma’ruf, Selasa (28/12).

Ma’ruf menyarankan dunia usaha dapat menjadikan PROPER sebagai platform untuk melakukan praktik bisnis yang berkelanjutan dengan menerapkan prinsip ekonomi hijau. Sebab menurutnya, PROPER saat ini telah bertransformasi dari kriteria sederhana, yaitu penilaian pengendalian pencemaran air, kemudian berkembang menjadi kriteria yang mengusung perbaikan berkelanjutan, hingga sekarang mencakup kriteria daya tanggap terhadap kebencanaan.

“Berbagai kriteria tersebut diharapkan menjadi indikator bagi perusahaan untuk berpartisipasi dalam pembangunan lingkungan yang berkelanjutan, bukan hanya berfokus pada pencapaian profit,” tegasnya.

Terlebih, dengan kondisi Indonesia yang telah resmi memegang Presidensi G20, Ma’ruf mendorong kita dapat memberikan contoh dalam bekerjasama mengatasi perubahan iklim dan mengelola lingkungan secara berkelanjutan dengan tindakan nyata.

Dunia usaha kemudian didesak dapat ikut berperanan aktif dalam mendukung komitmen Pemerintah untuk bertindak nyata dalam mengatasi perubahan Iklim dan pengelolaan lingkungan berkelanjutan.

“Salah satunya adalah agar pelaku industri turut berpartisipasi dalam rencana target Indonesia FOLU (Forestry and Other Land Use) Net Sink 2030 untuk mengurangi dampak buruk perubahan iklim karena Indonesia berkomitmen tinggi terhadap pengurangan emisi gas rumah kaca. Serta berkomitmen untuk mendukung target Indonesia mencapai Net-Zero Emission pada Tahun 2060,” katanya.

PROPER kali ini, ungkap Ma’ruf, telah mencapai kemajuan dari sisi penghematan biaya yang mencapai Rp 102,48 triliun dari upaya efisiensi energi, penurunan emisi, 3R (Reuse, Reduce, dan Recycle) limbah B3 (Bahan Berbahaya Beracun) dan limbah padat Non-B3, efisiensi air, dan upaya penurunan beban pencemaran. Selain itu juga berhasil didorong upaya pemberdayaan masyarakat sekitar perusahaan dengan dana bergulir yang mencapai Rp 2,6 triliun atau sekitar 2,5 % dari total penghematan yang dicapai.

“Saya berharap upaya pemberdayaan masyarakat sekitar yang dilakukan Bapak/Ibu sekalian pelaku dunia usaha merupakan program yang berkelanjutan dan semakin meningkat jumlah dana yang digulirkan. Bukan semata-mata program yang hanya memberikan ikan saja, tetapi harus memberikan pancing, yang membuat masyarakat sekitar semakin berdaya,” pungkasnya.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Kapolri Puji Kekompakan TNI Polri Sukses Selamatkan Pilot Susi Air

Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo menyampaikan rasa syukur atas suksesnya misi penyelamatan pilot Susi Air, Kapten Philip Mark Mehrtens dari sanderaan KKB Papua.

Ngasiman Djoyonegoro Apresiasi Negara Sukses Bebaskan Pilot Susi Air

Analis intelijen, pertahanan, dan keamanan, Ngasiman Djoyonegoro memberikan apresiasi kepada Menhan Prabowo Subianto, TNI, dan Polri yang telah berhasil membebaskan pilot Susi Air Kapten Philip Mark Mehrtens.

Kejagung Sukses Lelang Barang Rampasan Hingga Rp 13 Miliar

Badan Pemulihan Aset Kejaksaan Agung berhasil melakukan proses lelang barang rampasan Skandal Pelabuhan atas nama terpidana Leslie Girianza Hermawan yang juga Direktur PT. Eldin Citra.
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru