JAKARTA, HOLOPIS.COM Survei yang dilakukan oleh Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC), menunjukkan Prabowo Subianto unggul jauh jika semua calon presiden berasal dari petinggi partai politik (parpol).

Dalam pemaparan hasil surveinya, dari simulasi pilihan tertutup terhadap 11 nama pimpinan atau tokoh partai. Sebanyak 38,2 persen dukungan diberikan kepada Prabowo Subianto.

Selanjutnya, ada Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) yang memperoleh dukungan sebanyak 10 persen, dan di urutan ke tiga ada Megawati Soekarnoputri dengan 7,5 persen suara.

“Bila pemilihan presiden diadakan sekarang dan yang maju adalah para pimpinan atau tokoh partai politik, maka yang paling berpeluang memenangkan pertarungan adalah Prabowo Subianto,” jelas Sirojudin Abbas, Direktur Eksekutif SMRC dalam rilis surveinya, Selasa (28/12).

Survei SMRC ini dilakukan pada 8-16 Desember 2021 melalui tatap muka atau wawancara langsung. Jumlah sample awal 2.420 yang dipilih secara acak (multistage random sampling) dari seluruh populasi Indonesia yang berumur minimal 17 tahun atau sudah menikah.

Response rate (responden yang dapat diwawancarai secara valid) sebesar 2.062 atau 85%. Margin of error survei dengan ukuran sampel tersebut diperkirakan sebesar ± 2,2 % pada tingkat kepercayaan 95% (asumsi simple random sampling).