JAKARTA, HOLOPIS.COM – Mengonsumsi kacang hijau secara teratur ternyata dapat membuat tubuh lebih sehat, lho… Ada banyak sekali kandungan vitamin pada kacang hijau yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh.

Kacang hijau termasuk ke dalam salah satu jenis kacang-kacangan yang bergizi. Tidak hanya itu, kacang hijau juga sangat mudah diolah untuk dijadikan makanan.

Berikut manfaat kacang hijau bagi kesehatan:

1. Menurunkan Kolesterol Jahat

Kolesterol jahat dapat membuat pembuluh darah tersumbat dan bisa mengakibatkan stroke. Kacang hijau mampu mengurangi kadar kolesterol LDL dalam darah dan membuat aliran darah lebih lancar sekaligus mengurangi resiko terserang stroke.

Konsumsi kacang hijau setiap hari saat sarapan dapat menurunkan kolesterol jahat dalam dalam tubuh Anda.

2. Menyehatkan Sistem Pencernaan

Kacang hijau merupakan salah satu makanan yang mengandung kandungan serat yang tinggi.

Kandungan serat dalam kacang hijau mampu membuat sistem pencernaan lebih lancar dan lebih sehat. Sehingga dapat membantu untuk mengeluarkan racun di dalam tubuh dan mengolah makanan yang masuk.

3. Mencegah Penyakit Jantung

Manfaat kacang hijau yang pertama adalah mencegah penyakit jantung. Di dalam kacang hijau terdapat kandungan flavonoid yang baik untuk menangkal radikal bebas.

Selain itu flavonoid juga mampu mencegah serangan penyakit jantung.

4. Baik untuk Penderita Diabetes

Diabetes merupakan salah satu penyebab terjadinya berbagai komplikasi penyakit pada tubuh manusia. Jika Anda penderita diabetes, konsumsi kacang hijau setiap hari dapat membantu menurunkan gula darah.

Kandungan isoviteksin dan viteksin dapat membuat gula darah tetap terjaga.

5. Menyehatkan Kandungan Saat Hamil

Saat sedang hamil tubuh membutuhkan asupan yang bergizi. Kacang hijau memiliki kandungan folat yang bermanfaat untuk menyehatkan kandungan dan membantu pertumbuhan bayi saat masih ada dalam kandungan.