JAKARTA, HOLOPIS.COM – Sobat Holopis tentu tak asing lagi dengan teh hijau. Teh dengan rasa yang khas dan juga banyak manfaat serta nutrisi yang baik untuk kesehatan tubuh. Bahkan, teh hijau disebut-sebut sebagai salah satu minuman paling sehat di dunia dan diyakini dapat mencegah berbagai macam penyakit.

Teh hijau berasal dari daun tumbuhan Camellia Sinensis. Teh hijau juga sering digunakan oleh pengobatan Jepang dan Cina selama bertahun-tahun lamanya. Dalam proses pengolahan teh hijau lebih singkat dibangdingkan jenis teh pada umumnya, karena menjaga kandungan nutrisi dan antioksidan didalamnya.

Lantas apa saja kandungan dalam daun teh hijau?

Kandungan pada teh hijau sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh, seperti menjaga kesehatan jantung, otak, hingga menurunkanm risiko terjadinya kanker. Berikut ini kandung yang terdapat pada teh hijau, yaitu:

  • Energi
  • Protein
  • Magnesium
  • Kalium
  • Kafein

Tak hanya itu, teh hijau juga mengandung antioksidan, antiradang, dan antikanker yang baik sekali untuk menjaga kesehatan tubuh kalian. Teh hijau juga baik dikonsumsi oleh balita dan anak-anak loh, apalagi ketika mereka merasa bosan mengonsumsi air putih.

Jadi apa manfaat yang bisa didapat, jika kita mengonsumsi teh hijau?

Manfaat Teh Hijau

Teh hijau dikenal dengan kandungan antioksidan yang bermanfaat dalam melawan radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh kalian. Jika terpapar radikal bebas secara berlebihan, dapat merusak sel-sel tubuh sehingga menyebabkan penuan dini dan pernyakit berbahaya.

Salah satu kandungan antioksidan dalam teh hijau yang sangat penting adalah katekin. Kandungan katekin berperan sangat penting dalam menghentikan kerusakan sel-sel pada tubuh. Jika Sobat Holopis mengonsumsi secara rutin, maka teh hijau dapat memberikan banyak manfaat bagi kesehatan tubuh, sebagai berikut:

  • Menghambat Pertumbuhan Sel Kanker

Teh hijau memiliki kandungan polifenol yang merupakan salah satu senyawa antioksidan. Kandungan ini yang dapat menghambat pertumbuhan berbagai jenis sel kanker, seperti kanker kulit, kanker paru-paru, kanker lambung, dan juga kanker payudara.

Namun, untuk memastikan keefektifan teh hijau dalam mencegah kanker, beberapa peneliti terus melakukan penelitian lebih lanjut secara menyeluruh.

  • Mecegah Penyakit Jantung dan Stroke

Penyakit kardiovaskular (Jantung dan Stroke) merupakan penyakit yang menyebabkan kematian paling tinggi di dunia. Ada sebuah penelitian yang menjelaskan bahwa mengonsumsi teh hijau secara rutin dapat menurunkan kolesterol total dan kolesterol jahat (LDL).

Tak hanya itu, teh hijau juga mengandung asam fenolik yang dipercaya mampu menurunkan risiko terjadinya penyakit jantung koroner.

  • Menstabilkan Tekanan Darah

Teh hijau dipercaya dapat melemaskan masa otot dipembuluh darah, sehingga mampu menurunkan tekanan darah. Selain itu juga kandungan polifenol didalamnya juga mampu menurunkan tekanan darah dalam tubuh kalian.

Selain bermanfaat untuk menstabilkan tekanan darah, teh hijau juga diyakini dapat memperbaiki kerusakan kulit, lalu mengurangi gejala rheumatoid arthtritis, menjaga kesehatan otak, dan juga mengurangi kecemasan.

Tetapi untuk membuktikan kefektifan teh hijau bagi kesehatan tubuh, masih diperlukan penelitian lebih lanjut.

  • Mencegah Diabetes

Ada sebuah penelitian menjelaskan bahwa teh hijau dapat meningkatkan kinerja insulin dan mengurangi kadar pada gula darah. Teh hijau sangat aman dikonsumsi oleh kalian yang menderita diabetes.

  • Menurunkan Berat Badan

Sebuah peneliti menjelaskan bahwa teh hijau bermanfaat dalam meningkatkan metabolisme tubuh kalian dan juga membakar lemak, terutama pada lemak bagian perut.

Namun, manfaat teh hijau untuk menurunkan berat badan ini tak berlaku untuk orang dewasa yang mengalami obesitas.

Lalu adakah efek samping yang diberikan oleh teh hijau saat kita mengonsumsinya?