JAKARTA, HOLOPIS.COMJTBC baru saja mengeluarkan pernyataan terkait Snowdrop yang tengah disandung kontroversi.

Snowdrop kembali menerima kontroversi dan muncul berbagai petisi untuk menghentikan penayangannya setelah 2 episode saja.

Drama yang dibintangi oleh Jisoo BLACKPINK dan Jung Hae In ini fokus pada kisah cinta antara mata-mata Korea Utara dan mahasiswi Korea Selatan saat pemilihan presiden tahun 1987.

“Ada banyak korban aktivis yang disiksa dan dibunuh saat pergerakan demokrasi karena dituduh sebagai seorang mata-mata. Membuat drama dengan plot demikian tanpa memikirkan ketepatan sejarah menjadi meremehkan pergerakan demokrasi.” Demikian isi dari petisi tersebut.

Para penonton mengkritik beberapa aspek dari drama tersebut, termasuk pemeran utama pria Su Ho yang merupakan mata-mata Korea Urtara, padahal banyak orang yang salah dituduh sebagai mata-mata benar-benar dibunuh.

Tak hanya itu, penggunaan lagu simbolik untuk demokrasi juga ikut dikritik. Lagu itu muncul saat adegan mata-mata Su Ho sedang melarikan diri.

Petisi agar drama tersebut dihentikan telah mengumpulkan 300,000 tanda tangan pada 21 Desember, sudah melebihi minimum syarat tanda tangan yang dibutuhkan agar pemerintah memberi respon.

Sebelumnya, beberapa sponsor besar Snowdrop dikabarkan telah membatalkan kerjasama mereka akibat kontroversi.