Sabtu, 21 September 2024
Sabtu, 21 September 2024
NewsEkobizCukai Rokok Naik, Menkeu Klaim Petani Tembakau Dapat Stimulus

Cukai Rokok Naik, Menkeu Klaim Petani Tembakau Dapat Stimulus

JAKARTA, HOLOPIS.COM Kenaikan tarif cukai rokok, kemungkinan akan berdampak kepada para petani tembakau. Namun, Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani memastikan para petani akan akan mendapatkan stimulus berupa Bantuan Langsung Tunai (BLT) dan bantuan modal usaha.

“Kita mengalokasikan Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau (CHT) ini untuk daerah agar daerah bisa membantu tenaga kerja terutama yang terkena dampak negatif dari kebijakan CHT yang kita naikkan untuk melindungi sisi konsumen dan anak-anak,” ujar Sri Mulyani, di Jakarta, Kamis (16/12).

Menkeu menjelaskan, seiring dengan pergeseran produksi rokok ke produk buatan mesin tenaga kerja sigaret kretek tangan (SKT) semakin menurun.

Tercatat tahun 2010 ada 195.432 orang, namun jumlahnya menurun pada tahun 2019 menjadi 140.996 orang.

Oleh karena itu, secara spesifik penggunaan DBH CHT akan ditujukan untuk buruh tani tembakau atau buruh pabrik rokok terdampak.

Adapun untuk petani tembakau, DBH CHT dialokasikan untuk peningkatan kualitas bahan baku, iuran jaminan produksi, subsidi harga, serta bantuan bibit, benih, pupuk, sarana dan prasarana produksi.

“Ada dalam bentuk pemberian Bantuan Langsung Tunai, pelatihan keterampilan kerja, dan bantuan modal usaha.Untuk DBH CHT kami akan terus memperbaiki policy-nya,” tandas Menkeu.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Baca Juga

Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

BERITA TERBARU

Lainnya
Related

Bahlil Kasih Sinyal Pemerintah Batal Batasi Pembelian BBM Subsidi Mulai 1 Oktober 2024

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Bahlil Lahadalia memberikan sinyal kuat, bahwa aturan pembatasan pembelian bahan bakar minyak (BBM) subsidi batal diberlakukan mulai 1 Oktober 2024.

Teknologi Makin Canggih, Jokowi Ingatkan 85 Pekerjaan Bakal Hilang Tahun Depan

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengingatkan sebanyak 85 juta pekerjaan akan hilang pada tahun 2025, seiring dengan perkembangan teknologi yang semakin canggih.

Jelang Akhir Pekan, IHSG Berakhir Lesu

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) berakhir melemah pada penutupan perdagangan menjelang akhir pekan ini, Jumat (20/9).

PT MRT Jakarta Raih Penghargaan Industry Award di Dubai

PT MRT Jakarta (Perseroda) meraih penghargaan pemenang “Industry Award” 2024 untuk region Eropa, Timur Tengah, Afrika/Asia Pasifik/Amerika.