JAKARTA, HOLOPIS.COM – Plt Kepala Pusat Data Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Abdul Muhari, menegaskan bahwa tim gabungan masih terus melakukan pencarian korban jiwa yang masih dinyatakan hilang.

Dalam operasi pencarian, berbagai organisasi dan juga relawan langsung di bawah koordinasi Basarnas.

Abdul Muhari menjelaskan bahwa fokus pencarian masih direncanakan seperti lokasi sebelumnya, yaitu Kajar Kuning, Tambang Pasir, dan Kebon Deli.

“Fokus pencarian masih direncanakan seperti lokasi sebelumnya, yaitu Kajar Kuning, Tambang Pasir, dan Kebon Deli. Sejumlah alat berat pun sudah diterjunkan untuk membantu proses pencarian,” ujar Abdul Muhari, Kamis (16/12).

Abdul juga menjelaskan terkait alat berat yang sudah diterjunkan untuk membantu proses pencarian, yakni 19 unit excavator, 2 unit bulldozer, 7 unit dumtruck, 2 unit backhoe loader, 1 unit cranecharge, 1 unit mobil DU Brimob, dan juga 1 unit mobil watertreatmen yang tersebar dibeberapa titik, seperti Kecamatan Candipuro dan Kecamatan Pronojiwo.

Pemerintah daerah menghimbau seluruh warga yang antusias melihat kondisi terkini lokasi pasca erupsi Gunung Semeru untuk menjauh lokasi pencarian dan lokasi evakuasi, agar tak terjadi kendala dalam pencarian dan kedua jalur tersebut tetap steril.