JAKARTA, HOLOPIS.COMSalah satu situs layanan rating yang terkemuka, Alexa.com gulung tikar. Melalui siaran resmi yang dipublikasikan di situs resmi mereka, tim Alexa.com mengumumkan bahwa per tanggal 1 Mei 2022 mendatang, anak usaha dari Amazon Company tersebut akan tutup secara permanen.

“Dua puluh lima tahun yang lalu, kami mendirikan Alexa Internet. Setelah dua dekade membantu Anda menemukan, menjangkau, dan mengonversi audiens digital Anda, kami telah membuat keputusan sulit untuk menghentikan Alexa.com pada 1 Mei 2022,” tulis tim Alexa.com dikutip oleh Holopis.com, Sabtu (11/12).

Ia pun menyampaikan terima kasih kepada seluruh pelanggannya yang selama ini sudah setia bermitra bersama Alexa.com.

“Terima kasih telah menjadikan kami sumber daya Anda untuk penelitian konten, analisis kompetitif , penelitian kata kunci, dan banyak lagi,” sambungnya.

Dengan menjelang ditutupnya layanan Alexa.com, maka per tanggal 8 Desember 2021 kemarin, mereka tidak membuka lagi pendaftaran pembukaan layanan termasuk member baru.

“Alexa.com berhenti menawarkan langganan baru pada 8 Desember 2021 UTC. Pelanggan dengan langganan yang ada akan terus memiliki akses ke langganan mereka hingga 1 Mei 2022 UTC,” ujar mereka.

Jadi, setelah tanggal 1 Mei 2022, maka seluruh layanan akan berhenti beroperasi dan para pelanggannya sudah tidak bisa mengakses fitur apapun yang selama ini mereka kelola.

Sekedar diketahui, Alexa.com adalah salah satu situs yang menjadi preview sebuah website beroperasi di dunia maya. Di sana juga menampilkan grafik reputasi website yang berjalan, ada ranking yang bisa dijadikan acuan sebuah website untuk melakukan trigger.

Situs Alexa.com menampilkan grafik sebuah website secara terbuka. Ini adalah salah satu opsi untuk melihat reputasi sebuah website baik atau tidak selain mesin analitik lainnya, seperti Google Analytics.

Terima kasih Alexa.com.