Jumat, 20 September 2024
Jumat, 20 September 2024

Jakarta Diterjang Banjir Rob, Pemprov DKI Minta Stakeholder Percepat Tanggul NCICD

JAKARTA, HOLOPIS.COM Pemerintah Provinsi DKI Jakarta meminta kontribusi dari stakeholder terkait untuk membantu percepatan pembangunan tanggul pantai National Capital Integrated Coastal Development (NCICD).

Langkah tersebut diklaim untuk mengantisipasi banjir rob yang beberapa hari terakhir kerap menerjang kawasan pesisir di Jakarta Utara.

“Dinas SDA akan mendorong dan mengupayakan agar para stakeholder yang berada di area pesisir Jakarta juga dapat turut membantu dalam proses pembangunan tanggul. Sehingga target untuk mengamankan wilayah pesisir DKI Jakarta dapat segera tercapai,” kata Kepala Dinas SDA Provinsi DKI Jakarta, Yusmada Faizal, Selasa (7/12)

Saat ini, pembangunan tanggul NCID sendiri terkendala tingginya pasang laut yang terjadi sejak Jumat lalu di beberapa area seperti Jl. Lodan Pelabuhan Sunda Kelapa, Jl. RE Martadinata, Tanjung Priok, Muara Baru, dan Kawasan Si Pitung Marunda. Laut pasang terjadi pada pagi hari dan mulai surut di siang hingga malam hari.

Pembangunan NCICD di sepanjang pesisir Ibu Kota ini sebelumnya telah dianggarkan Dinas Sumber Daya Air (SDA) Provinsi DKI Jakarta. Pembangunan tanggul NCICD mulai dibangun sejak tahun 2016 hingga 2019, kemudian dilanjutkan kembali di tahun 2021, dengan target total sepanjang 790 meter.

NCICD merupakan proyek strategis nasional untuk membangun tanggul pantai di sepanjang garis pantai Jakarta. Tanggul ini diklaim dapat menanggulangi banjir rob dan juga sebagai upaya pengamanan dan penataan kawasan pesisir Utara Jakarta serta perbaikan lingkungan.

Selain itu, Dinas SDA juga berencana akan membangun 2 sistem polder pesisir yaitu Polder Kamal dan Polder Marunda, yang pembangunannya terdiri dari Pintu Air, Pompa, dan Waduk. Polder tersebut nantinya akan terintegrasi dengan tanggul NCICD yang saat ini masih berproses.

Perlu diketahui, banjir rob terjadi akibat air laut yang melimpas melewati tanggul karena tinggi tanggul eksisting saat ini tidak dapat menahan gelombang pasang air lau, terutama jika Tinggi Muka Air (TMA) laut melebihi +240 PP. Rata-rata tinggi genangan yang terjadi akibat banjir rob tersebut setinggi 20-50cm.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Cerita Nur Fatia, Difabel Bergelar Sarjana yang Berhasil Masuk Polisi

Sekolah Polisi Wanita atau Sepolwan Lemdiklat Polri sangat bangga memiliki siswi bernama Nur Fatia Azzahra yang bergelar sarjana psikologi, dengan nilai IPK 3,56.

RESEP : Telur Ceplok Setengah Matang, Nikmat dan Menyehatkan

Meskipun terkesan sederhana, namun telur celpok setengah matang memiliki banyak manfaat baik untuk tubuh. S

Pasca Diresmikan Jokowi, PT JSN Lakukan Pengalihan Transaksi Gerbang Tol Colomadu

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Sehubungan dengan telah diresmikannya Jalan Tol Joga-Solo...
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru