JAKARTA, HOLOPIS.COM – Paca erupsi gunung Semeru, Lumajang, Jawa Timur, areal penerbangan Jawa-Selatan mengalami dampak yang cukup signifikan untuk bisa beroperasi.

Direktur Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan, Novie Riyanto mengungkapkan, bahwa tidak ada penerbangan hari di jalur tersebut yang terdampak karena memang hari ini jalur tersebut tidak ada jadwal penerbangan. Meskipun begitu, dia menyatakan pemerintah akan menutup sementara jalur tersebut demi alasan keamanan.

“Hari ini kebetulan tidak ada penerbangan ke Malang, namun begitu kita sudah keluarkan Notice to Airman (NOTAM) untuk menghindari penerbangan ke daerah terdampak,” kata Novie, Sabtu (4/12).

Perubahan rute tersebut dijelaskan Novie, masih menunggu perkembangan cuaca lebih lanjut di jalur tersebut. Namun, dari laporan sementara, penerbangan yang berdampak yang wilayah penerbangan ke arah selatan atau barat daya.

“Ini anginnya ke arah barat daya, tapi kita sudah terbitkan NOTAM, semua menghindar ke rute Jawa Selatan,” terangnya.

Sebagai informasi, Gunung Semeru mengalami erupsi pada Sabtu sore. (4/12/2021) sekitar pukul 15.00 WIB. Abu vulkanik juga menyebabkan hujan abu dan kondisi gelap karena tertutup abu di sekitar pemukiman warga.