JAKARTA, HOLOPIS.COM Jumat adalah hari yang sangat baik bagi kalangan umat Islam. Bahkan disebut-sebut Jumat adalah bak hari raya setiap minggu, karena banyaknya kemuliaan dan kebaikan di dalamnya.

Memperbanyak amal baik di hari Jumat bisa mendapatkan keberkahan tersendiri. Bahkan ada sebuah hadist yang mengangkat keutamaan beramaliah di hari Jumat, dimana pahala dan keberkahan bisa didapat berkali lipat dibanding hari-hari biasanya.

Salamah dari Abu Hurairah ra, Nabi SAW bersabda: “Hari terbaik yang terbit padanya matahari adalah hari Jumat. Sebab pada hari itu Allah Azza wa Jalla menciptakan Adam as. Dia memasukkan Adam ke surga, pada hari itu ia diturunkan ke bumi dan pada hari itu terjadi kiamat serta pada hari itu terdapat satu masa dimana tidak seorangpun berdoa kecuali Dia akan mengabulkan doa itu.” [HR.Muslim]

Lantas amaliah baik apa yang bisa dilakukan untuk mencari keberkahan dan kebaikan di har Jumat ?

Ketua bidang Dakwah dan Ukhuwah, KH Muhammad Cholil Nafis memberikan saran kepada para umat Islam di seluruh Indonesia, agar membaca beberapa surat khusus di dalam Alquran.

“Jum’ah mubarokah, jangan lupa baca surat al-Kahfi agar hidup tenang, baca Yaasin agar yang mati (sudah meninggal -red) tenang, baca surat al-Waqi’ah agar rezeki lancar dan baca surat al-Mulk agar punya kewenangan,” tutur kiai Cholil Nafis, Jumat (3/12).

Menurutnya, 4 (empat) surat yang ia sebutkan memang merupakan surat-surat yang disunnahkan untuk dibaca setiap saat, termasuk di hari Jumat untuk mencari kebaikan dan mendoakan kehidupan diri sendiri dan alam semesta.

“Semua itu didekasikan untuk kesempunaan hidup sebagai manusia yang mengelola bumi dan alam raya,” pungkasnya.