JAKARTA, HOLOPIS.COM Cuaca saat libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2021/2022, diperkirakan akan terjadi hujan lebat di semua provinsi di Indonesia.

Hal tersebut diungkapkan Kepala Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Dwikora Karnawati dalam rapat dengar pendapat bersama Komisi V DPR.

“Tampaknya hampir seluruh provinsi di Indonesia itu mengalami hujan lebat,”, kata Dwikora di gedung DPR, Jakarta, Rabu (1/12).

Sedangkan cuaca pasca libur Nataru, kemungkinan seluruh provinsi juga akan diguyur hujan dengan intensitas lebat. Hanya beberapa wilayah saja, yang cuacanya mengalami hujan dengan intensitas sedang.

“Ada beberapa yang mengalami diprediksi hujan intensitas sedang, namun mayoritas hujan lebat,” jelas dia.

Dwikora pun memberi pesan, agar masyarakat selalu waspa dan berhati-hati. Karena potensi hujan lebat tersebut juga diprediksi bisa akibatkan banjir bandang, longsor, dan gelombang tinggi.

“Poinnya adalah untuk keselamatan, baik transportasi, masyarakat hati-hati karena ada hujan lebat, potensi bencana, banjir, longsor, banjir bandang, gelombang tinggi, itu semakin meningkat,” imbau dia.

“Apalagi di masa pandemi, biasanya daya tahan tubuh juga mulai menurun di kondisi cuaca semacam itu,” tambahnya.