JAKARTA, HOLOPIS.COM – Tidur menjadi sebuah kebutuhan bagi semua orang, tapi jika berlebihan ternyata bisa berdampak tidak bagus bagi kesehatan. Umumnya waktu yang dibutuhkan seseorang untuk tidur, yakni 8-9 jam per hari.

Dampak yang diakibatkan waktu tidur yang berlebihan, antara lain mulai dari resiko obesitas bahkan bisa menyebabkan ganguan fungsi otak. Berikut ini dampaknya, yang dirangkum dari berbagai sumber.

1. Alami Nyeri
Rasa nyeri biasanya akan muncul di beberapa bagian tubuh, jika terlalu banyak tidur. Selain itu, juga bisa menyebabkan sakit kepala dan migrain.

2. Berisiko Alami Obesitas
Menurut sebuah penelitian, orang yang tidur lebih dari 9 jam memiliki resiko 21 persen lebih besar untuk mengalami obesitas. Tidak hanya itu, sekitar 46 persen beresiko alami stroke dibandingkan orang yang memiliki waktu tidur ideal.

3. Fungsi Otak Terganggu
Tidur bisa pengaruhi suasana hati dan kesehatan mental, karena tidur memiliki peran kinerja otak. Resiko gangguan memori dan penurunan fungsi kognitif, jika terlalu banyak tidur.Terlalu sedikit atau terlalu banyak tidur juga berkaitan dengan meningkatnya risiko penyakit Alzheimer.