HOLOPIS.COM, JAKARTA – Timnas Malaysia harus gigit jari usai gagal mendatangkan pemain naturalisasi bernama Mats Deijl. Disebut bahwa kegagalan tersebut akibat ditolak oleh FIFA.

Kegagalan Timnas Malaysia mendapatkan Mats Deijl itu pun diumumkan juga oleh Federasi Sepakbola Malaysia (FAM), dimana disebutkan bahwa Mats Deijl tak memenuhi syarat naturalisasi sebagaimana regulasi yang ditetapkan FIFA.

“Asosiasi Sepak Bola Malaysia (FAM) menginformasikan bahwa Federasi Sepakbola Internasional (FIFA) telah memastikan pemain klub Go Ahead Eagles asal Belanda, Mats Deijl, belum lolos persyaratan kelayakan untuk bergabung dengan skuad Harimau Malaya,” tulis pengumuman FAM, seperti dikutip Holopis.com.

Seperti yang telah diketahui bersama sebelumnya, bahwa Mats Deijl memang berminat betul untuk bisa bergabung bersama Timnas Malaysia, sebab ia meras memiliki keturunan Malayasia.

FAM pun telah berkomunikasi intens dengan pihak klub Mats Deijl yakni Go Ahead Eagles dari Belanda. Bahkan, FAM telah mengontak pihak agen dan sang pemain itu sendiri.

Tak pikir panjang, Mats Deijl pun langsung melengkapi beberapa syarat yang diperlukan, seperti hal nya bukti keturunan darah Malaysia.

Tetapi, syarat memiliki keturunan Malaysia saja tidak lah cukup. Dari jawaban FIFA, FAM menyebut bahwa sang pemain ternyata gagal digaet Timnas Malaysia karena Mats Deijl hanya memiliki keturunan Malaysia dari nenek moyangnya, bukan dari darah keturunan yang lebih dekat seperti ibu hingga kakek sang pemain.

“FAM tetap berterima kasih kepada pemain tersebut atas minat dan tekad yang ditunjukkannya untuk mewakili timnas Malaysia, namun hal itu tidak bisa diwujudkan,” lanjut pengumuman FAM.

“Sebagai informasi, FAM juga telah melakukan kontak dengan beberapa pemain lain seperti yang disarankan atau dipublikasikan di platform media sosial, namun sejauh ini belum ada hasil positif, apalagi dari segi legitimasi pemain berdarah Malaysia tersebut melebihi syarat yang ditetapkan FIFA,” tutupnya.