Selasa, 1 Oktober 2024
Selasa, 1 Oktober 2024
NewsEkobizBunga Jaminan Perbankan LPS 4,25 Persen Berlaku Mulai 1 Oktober 2024

Bunga Jaminan Perbankan LPS 4,25 Persen Berlaku Mulai 1 Oktober 2024

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) telah menetapkan besaran tingkat bunga penjaminan perbankan untuk periode 1 Oktober 2024 sampai dengan 31 Januari 2025.

“Untuk bank umum 4,25 persen, valas (valuta asing) 2,25 persen, untuk Bank Perekonomian Rakyat (BPR) 6,75 persen,” kata Ketua Dewan Komisioner LPS, Purbaya Yudhi Sadewa dalam konferensi pers, Senin (30/9) seperti dikutip Holopis.com.

Purbaya mengatakan, tingkat bunga penjaminan perbankan tersebut diputuskan dalam Rapat Komisioner LPS, dengan turut menimbang berbagai hal, di antaranya time lag dan respons penurunan suku bunga simpanan atas kebijakan bunga acuan bank sentral yang masih terbatas

Sebagai informasi, Bank Indonesia (BI) sebelumnya telah memangkas suku bunga acuan (BI-Rate) sebesar 25 bps hingga berada di level 6 persen.

Hal lain yang juga menjadi pertimbangan yakni cakupan (coverage) simpanan yang masih memadai dari segi nominal maupun rekening. Kemudian LPS juga berniat memberikan ruang lanjutan untuk perbankan dalam pengelolaan likuiditas dan suku bunga.

Purbaya kembali menyampaikan bahwa tingkat bunga penjaminan merupakan batas suku bunga simpanan maksimal agar simpanan nasabah perbankan dapat masuk dalam program penjaminan simpanan.

“Berkenaan dengan hal tersebut, kami mengimbau agar bank transparan dan terbuka dalam menyampaikan kepada nasabah penyimpan mengenai besaran tingkat bunga penjaminan yang berlaku saat ini, di antaranya melalui penempatan informasi di tempat yang mudah diketahui nasabah atau melalui media informasi serta channel komunikasi bank kepada nasabah,” ujarnya.

Selain itu, ia juga mengingatkan kepada pihak perbankan agar selalu memperhatikan tingkat bunga penjaminan simpanan ketika mengelola dana nasabah.

Begitu juga dalam kegiatan operasional sehari-hari, LPS meminta bank untuk tetap mematuhi regulasi yang sudah ditetapkan guna menjaga tingkat likuiditas perbankannya tetap sehat.

“Dalam menjalankan operasional, bank juga diminta tetap mematuhi pengaturan dan pengawasan oleh Otoritas Jasa Keuangan serta ketentuan pengelolaan likuiditas oleh Bank Indonesia,” ucap Purbaya.

Google News

Temukan kamu di Google News dan jangan lupa klik ikon bintang untuk mengetahui semua berita terbaru dari kami.

WhatsApp Channel

Follow WhatsApp Channel Holopis.com untuk mendapatkan 10 berita terbaru setiap hari dari tim Redaksi.

Baca Juga

Loading...
Prabowo Gibran 2024 - 2029
HOLOPIS

BERITA TERBARU

Lainnya
Related

Harga Emas Antam Turun Tajam, Cek Rincian Harganya Sekarang

Harga emas batangan bersertifikat keluaran PT Aneka Tambang Tbk (ANTM) alias emas Antam terpantau mengalami penurunan yang cukup tajam pada perdagangan hari ini, Selasa 1 Oktober 2024.

Deflasi 5 Bulan Beruntun, BPS Ungkap Pemicunya

Badan Pusat Statistik (BPS) melaporkan Indeks Harga Konsumen (IHK) kembali mencatatkan deflasi pada periode bulan September 2024, yakni sebesar 0,12 persen secara bulanan atau month to month (mtm).

IHSG Langsung Melesat saat Jeda Makan Siang

Indeks Harga Saham Gabungan atau IHSG ditutup melesat, dengan penguatan sebesar 0,71 persen atau 53,82 poin ke level 7.581 pada penutupan perdagangan saham sesi pertama hari ini, Selasa (1/10).

LPS Klaim Sudah Jamin 15.81 Juta Rekening Nasabah

Ketua Dewan Komisioner Lembaga Penjamin Simpanan (LPS), Purbaya Yudhi Sadewa mengklaim, pihaknya per Agustus 2024 telah menjamin sebanyak 99,78 persen atau setara 15.81 juta rekening nasabah.