JAKARTA, HOLOPIS.COM – Kabar duka tengah menyelimuti dunia hiburan Indonesia. Kini datang dari aktor senior bernama Rony Dozer.

Diberitakan sebelumnya oleh Holopis.com (12/11), Rony Dozer meninggal karena serangan jantung.

Dilansir dari Primaya Hospital Setiap tahun, angka penyakit jantung dan pembuluh darah di Indonesia semakin bertambah.

Banyak faktor yang mempengaruhi peningkatan penyakit kardiovaskuler ini, yaitu umur, berat badan, tekanan darah, dan kadar kolesterol.

Serangan Jantung

Serangan jantung adalah kondisi gawat ketika pasokan darah ke jantung mendadak berhenti. Dalam dunia medis, istilah serangan jantung adalah gagal jantung.

Serangan jantung atau gagal jantung terjadi karena kurangnya aliran darah ke jantung yang menyebabkan kerusakan serius pada otot jantung. Tanpa penanganan yang memadai otot jantung bisa mati.

Kebanyakan serangan jantung yang terjadi pada pengidap penyakit jantung koroner, disebabkan oleh aterosklerosis. Aterosklerosis adalah kondisi serius ketika pembuluh darah disekitar jantung mengeras dan menyempit akibat tumpukan plak yang terdiri atas beragam zat, terutama pada kolestrol.

Serangan jantung terbagi menjadi dua jenis, yaitu :

  • ST Segment Elevation Myocarcial Infarction (STEMI) adalah kondisi serangan jantung yang parah. Kondisi ini terjadi saat pembuluh darah sepenuhnya tersumbat karena pembekuan darah sehingga otot jantung mulai mati, tak lagi menerima pasokan darah.
  • Non-ST Segment Elevation Myocarcial Infarction (NSTEMI) adalah kondisi serangan jantung yang tak parah. Kondisi ini terjadi karena pembuluh darah tersumbat sehingga otot jantung masih bisa mendapatkan aliran darah walaupun lebih sedikit.

Walaupun penyakit ini mematikan, tetapi orang yang mengidap serangan jantung masih dapat diselamatkan, apabila cepat dibawa ke rumah sakit untuk pertolongan penanganan.

Untuk orang yang telah pulih dari penyakit ini, bisa terus memperbaiki kondisi kesehatannya dengan menjalani terapi pengobatan yang sudah disesuaikan oleh dokter.

Lantas apa saja yang jadi gejala serangan jantung?