JAKARTA, HOLOPIS.COM – Media sosial Instagram sedang melakukan uji coba fitur terbaru mereka yang disebut ‘Take a Break’. Fitur ini berfungsi untuk menjadi pengingat kepada pengguna ketika mereka telah menghabiskan waktu lama di platform itu.

“Kami mulai menguji fitur baru yang disebut “Take a Break” minggu ini. Kontrol ini memungkinkan Anda menerima pengingat istirahat dalam aplikasi setelah durasi yang Anda pilih,” Adam Mosseri, Head of Instagram di Tweet Twitter miliknya, Rabu (10/11).

Dalam sebuah video yang juga ia lampirkan dalam tweet tersebut, Mosseri menyebut fitur itu telah diuji kepada segelintir pengguna Instagram.

Hal ini dilakukan untuk memantau apakah fitur tersebut dapat berfungsi sesuai harapan atau tidak. Jika tidak berhasil, Instagram akan menghentikan fitur tersebut dan jika berhasil maka fitur akan segera diluncurkan kepada pengguna lebih luas bulan depan dan akhirnya kepada semua pengguna Instagram.

“Kami akan menerima umpan balik. Kemudian seiring waktu, kami akan menghentikan proyek, jika tidak berhasil, atau kami akan mengirimkannya ke semua orang,” ujarnya.

Pengujian fitur ‘Take a Break’ dilakukan di tengah pengawasan ketat terhadap Instagram dan perusahaan induknya Meta setelah pelapor Frances Haugen bersaksi di depan Kongres tentang penelitian internal perusahaan yang menunjukkan Instagram dapat memiliki efek negatif pada kesehatan mental anak muda.