Jumat, 27 September 2024
Jumat, 27 September 2024
NewsEkobizPPN Naik Jadi 12 Persen Tahun Depan? Begini Kata Wamenkeu

PPN Naik Jadi 12 Persen Tahun Depan? Begini Kata Wamenkeu

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Pemerintah berencana untuk menaikkan tarif pajak pertambahan nilai (PPN) menjadi 12 persen pada tahun 2025 mendatang. Hal itu sesuai dengan Undang-undang tentang Harmonisasi Peraturan Perpajakan (UU HPP).

Adapun kenaikan PPN menjadi 12 persen ini akan berlaku di bawah kepemimpinan Presiden Terpilih Prabowo Subianto, mengingat pemerintahan Kabinet Indonesia Maju di bawah kepemimpinan Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan berakhir di 20 Oktober 2024.

Adapun terkait hal itu, Wakil Menteri Keuangan (Wamenkeu) II, Thomas Djiwandono wacana kenaikan tarif PPN ini baru dapat dipastikan setelah pemerintahan resmi berganti di bawah kepemimpinan Presiden Terpilih Prabowo Subianto.

“Berilah Pak Prabowo jadi presiden dulu. Ini kan hal-hal kaitannya keputusannya dari Presiden Prabowo dan kabinetnya,” kata Thomas dalam keterangannya, Rabu (25/9) seperti dikutip Holopis.com.

Thomas menuturkan, bahwa rencana ihwal kenaikan PPN dari yang saat ini ditetapkan sebesar 11 persen menjadi 12 persen telah diketahui oleh Prabowo. Hal ini selanjutnya akan dibahas dan dijawab setelah kabinet berikutnya terbentuk.

“Yang penting presiden terpilih sudah terinformasi mengenai hal tersebut. Nanti pasti akan ada penjelasan lebih lanjut kalau sudah ada kabinet terbentuk,” ujarnya.

Sebagai informasi, bahwa Kementerian Keuangan (Kemenkeu) sebelumnya menekankan bahwa pemerintah sejatinya tetap menjalankan UU HPP, yang di dalamnya turut mengatur ihwal kenaikan tarif PPN menjadi 12 persen.

Kepala Pusat Kebijakan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara, Wahyu Utomo mengatakan, bahwa dalam menjalankan UU tersebut pemerintah harus mempertimbangkan banyak hal.

“Dalam jalankan kita tetap pertimbangkan beberapa hal mulai daya beli masyarakat dan momentumnya harus tepat. Ini [jadi] diskresi bagi presiden terpilih,” ujar Wahyu.

Google News

Temukan kamu di Google News dan jangan lupa klik ikon bintang untuk mengetahui semua berita terbaru dari kami.

WhatsApp Channel

Follow WhatsApp Channel Holopis.com untuk mendapatkan 10 berita terbaru setiap hari dari tim Redaksi.

Baca Juga

Prabowo Gibran 2024 - 2029

BERITA TERBARU

Lainnya
Related

Harga Emas Antam Hari ini Stagnan Lagi, Per Gram Dibanderol Segini

Harga emas batangan bersertifikat keluaran PT Aneka Tambang Tbk (ANTM) alias emas Antam terpantau tidak mengalami perubahan alias stagnan pada perdagangan hari ini, Jumat 27 September 2024.

Harga Emas di Pegadaian Turun Tipis Hari ini, Cek Rinciannya

Harga emas batangan bersertifikat yang dijual di PT Pegadaian (Persero) terpantau mengalami penurunan tipis pada perdagangan hari ini, Jumat 27 September 2024.

Didiek Hartantyo Klaim Pertumbuhan Aset PT KAI Naik 53%

HOLOPIS.COM, JAKARTA – PT Kereta Api Indonesia (Persero) mengklaim...

Nilai Wakaf di Indonesia Tembus Rp 2.050 Triliun Rerata Aset Non Produktif

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Aset wakaf di Indonesia saat ini...