HOLOPIS.COM, JAKARTA – Wolfgang Amadeus Mozart, seorang musisi populer yang memiliki nama besar dalam sejarah dikenal oleh berbagai lagu klasik ikonisnya. Lagu-lagu klasik yang Sobat Holopis biasanya dengar di berbagai kesempatan, bisa saja lagu tersebut adalah ‘Piano Sonata No.16,’ atau ‘Symphony No.4,’ karya Mozart.

Ternyata, masyarakat internasional khususnya pecinta musik klasik langsung dihebohkan dengan lagu Mozart yang baru saja ditemukan di Perpustakaan Kota Leipzig. Perpustakaan itu menemukan karya komposer besar Austria tersebut setelah tersembunyi selama 3 abad.

Komposisi musik itu ditemukan di dalam koleksi perpustakaan pada (19/5) ketika para peneliti sedang menyelesaikan edisi baru katalog karya Mozart Kochel.

“Kami yakin bahwa kami sekarang dapat menyajikan karya menawan Mozart muda yang sama sekali belum dikenal,” kata Kepala Penelitian Yayasan Mozarteum Ulrich Leisinger, dikutip Holopis.com, Rabu (25/9).

Jika dilihat dari karakteristik komposisi musik, Urlich mengatakan bahwa Mozart kemungkinan berusia antara 10 dan 13 tahun ketika penulisan dilakukan.

Para ahli juga memiliki pendapat bahwa karya ini ditulis Mozart untuk pertunjukan di luar ruangan, ditemani dengan pawai pembukaan agar menarik perhatian penonton.

Diberi Nama Ganz kleine Nachtmusik

Musik berdurasi 12 menit ini diberi nama Ganz kleine Nachtmusik. Musik inipun dimainkan secara perdana di Opera Leipzig.

Antrean sepanjang 400 meter terkumpul di luar pertunjukan untuk  menjadi bagian dari sejarah. Mereka telah menjadi bagian dari orang-orang pertama dalam sejarah yang mendengar musik ini secara langsung.

Dalam opera itu, musik ini dimainkan oleh lulusan sekolah musik Johann Sebastian Bach.

Reaksi Netizen

Netizen pun meninggalkan berbagai macam komentar terkait penemuan bersejarah ini. Ada yang bercanda dan mengatakan Mozart baru saja mengeluarkan single terbaru. Ada juga yang terharu bisa hidup di masa Mozart ‘mengeluarkan’ musik terbaru.

“Bisa-bisanya aku hidup saat Mozart mengeluarkan musik terbaru,” kata @sleeper6548.

“Aku tidak menyangka dalam hidup bisa mendengarkan lagu baru dari Mozart,” kata @midnightreader4747.

Ada juga yang menilai para musisi pasti merasa terharu bisa memainkan musik ini.

“Pasti merasa terhormat bisa menjadi bagian dari mereka yang memainkan musik ini setelah sekian lama,” kata @Neuvalence.