Rabu, 25 September 2024
Rabu, 25 September 2024
NewsEkobizDitjen Pajak Bakal Ngebut Kejar Setoran Demi Penuhi Target

Ditjen Pajak Bakal Ngebut Kejar Setoran Demi Penuhi Target

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Direktorat Jenderal Pajak (Ditjen Pajak) Kementerian Keuangan (Kemenkeu) bakal mengeluarkan kekuatan penuh untuk mengejar target penerimaan negara, sesuai dengan outlook APBN 2024.

Pasalnya, dalam pelaksanaan APBN 2024, Kemenkeu memperkirakan defisit anggaran pada akhir tahun ini tetap akan sebesar 2,7 persen dari PDB, sebagaimana telah ditetapkan dalam outlook APBN yang dirilis pada semester I/2024.

Menurut Wakil Menteri Keuangan Suahasil Nazara, terdapat beberapa jenis belanja yang realisasinya akan dipercepat di kuartal terakhir tahun ini, salah satunya yakni belanja terkait infrastruktur di Ibu Kota Nusantara (IKN).

“Contoh, anggaran untuk IKN belum sampai 50 persen yang direalisasikan, tetapi pekerjaan fisik jalan terus. Ketika pekerjaan fisik selesai, diserahterimakan, pembayaran akan langsung full, ini biasanya terjadi di uartal lV/2024,” ujarnya dalam keterangannya, seperti dikutip Holopis.com, Rabu (25/9).

“Jadi, di kuartal lV/2024 memang ada percepatan dari belanja-belanja yang sifatnya fisik,” tambahnya.

Dirjen Pajak, Suryo Utomo pun mengatakan pihaknya akan berupaya untuk merealisasikan penerimaan pajak pada outlook APBN 2024 yang ditetapkan senilai Rp1.921,9 triliun, 96,6 persen dari target senilai Rp1.988,9 triliun.

“Kami akan full force (mengeluarkan kekuatan penuh) untuk melakukan kegiatan supaya capaian penerimaan dapat sesuai dengan outlook yang diharapkan,” ujar Suryo.

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati pun mengatakan lebarnya defisit anggaran pada tahun ini disebabkan oleh tekanan pada pendapatan negara di tengah bertumbuhnya belanja.

“Ini karena penerimaan mengalami tekanan, dan belanja pertumbuhannya cukup baik” ujar Sri Mulyani.

Seperti diketahui, defisit pada APBN 2024 sesungguhnya telah ditetapkan senilai Rp522,82 triliun atau 2,29 persen dari PDB.

Namun, akibat belanja negara yang diperkirakan akan melampaui pagu yang telah ditetapkan, outlook defisit anggaran ditetapkan senilai Rp609,7 triliun atau 2,7 persen dari PDB.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Baca Juga

Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

BERITA TERBARU

Lainnya
Related

Bikin Gak Nafsu Makan, IHSG Ambruk Saat Jeda Makan Siang

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) berakhir lesu saat jeda makan siang, atau pada penutupan perdagangan sesi I hari ini, Rabu (25/9).

Harga Emas di Pegadaian Turun Lagi, Cek Rinciannya

Harga emas batangan bersertifikat yang dijual di PT Pegadaian (Persero) terpantau masih belum mengalami penurunan pada perdagangan hari ini, Rabu 25 September 2024.

IHSG Berpeluang Menguat, Deretan Saham ini Bisa Jadi Ladang Cuan

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) diproyeksi kembali menguat tipis pada perdagangan hari ini, Rabu 25 September 2024, setelah berakhir di level 7.778 pada perdagangan Selasa (24/9) kemarin.

Usai Redup, Kini Harga Emas Antam Hari ini Kembali Berkilau Cerah

Harga emas batangan bersertifikat keluaran PT Aneka Tambang Tbk (ANTM) alias emas Antam terpantau mengalami kenaikan pada perdagangan hari ini, Rabu 25 September 2024.