HOLOPIS.COM, MOSKOW – Perhimpunan Mahasiswa Indonesia (Pemira) di Russia menyelenggarakan kegiatan Festival Kebudayaan Indonesia dengan tajuk Garuda Fest 2.0 yang berlangsung di HSE (Higher School of Economics) Moskow Russia.

Ketua Pelaksanaan Acara Garuda Fest 2.0 Jiva, mengutarakan Kegiatan ini dilakukan untuk memperkenalkan kebudayaan Indonesia dikanca international.

“Perhelatan garuda fest berfokus pada memperkenalkan kebudayaan indonesia di kancah internasional melalui pagelaran budaya yang diinisiasi oleh mahasiswa indonesia yang berada di rusia,” ujar Jiva kepada Holopis.com, (24/09).

Mahasiswi RUDN University Moscow itu juga, menyampaikan bahwa Tema Garuda Fest 2.0 berfokus untuk membawa penonton merasakan secara langsung atmosfer perjalanan waktu perkembangan kebudayaan Indonesia dari masa Kerajaan hingga masa modernisasi.

“Tahun ini garuda festival mengambil tema Legendary Indonesia: A Cultural Voyage of Nusantara yang bermaksud membawa penonton untuk ikut dalam mesin waktu dari zaman dahulu hingga zaman sekarang,” tuturnya.

Putri Pemira 2024 tersebut, menjelaskan acara Festival Budaya Garuda Fest 2.0 dibuka dengan penampilan cerita klasik wayang Rama Shinta hingga ditutup dengan homeband yang seluruhnya melibatkan mahasiswa Indonesia di Moskow.

“Dari adanya kerajaan yang ditandai dengan penampilan Rama dan Shinta, transisi pada penjajahan yang ditandai dengan Tarian Dolalak, Pasca penjajahan ditandai oleh Drama Payung Fantasi, hingga modern yang ditandai dengan fashion show dan Tari tradisional,” tutupnya.