HOLOPIS.COM, JAKARTA – Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Republik Indonesia (RI) melalui Badan Layanan Umum Balai Kesehatan Penerbangan Direktorat Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan meluncurkan Mobil Layanan Pemeriksaan Kesehatan (Medical Check-Up/(MCU).

Acara peluncuran ini dilakukan langsung oleh Direktur Jenderal Perhubungan Udara M. Kristi Endah Murni. Hadir juga dalam acara perwakilan dari Sekretariat Jenderal Kementerian Perhubungan, Sesditjen Hubud, Kepala Balai Kalibrasi Penerbangan, Kepala Balai Teknik Penerbangan, perwakilan dari Basarnas dan Dewan Pengawas BLU Balai Hatpen.

Layanan ini disampaikan oleh Direktur Jenderal Perhubungan Udara M. Kristi Endah Murni hadir sebagai langkah penting dalam upaya memperkuat pelayanan kesehatan agar dapat diakses secara lebih mudah, cepat, efisien bagi mereka yang memiliki keterbatasan waktu.

“Saya selaku Pimpinan Direktorat Jenderal Perhubungan Udara, menyambut baik adanya inovasi layanan yang baru, lebih mudah dan lebih maju dari BLU Balai Kesehatan Penerbangan ini. Diharapkan dapat memberikan layanan mendekat langsung ke masyarakat sehingga tidak terbatas hanya pada personel penerbangan saja,” ujar Kristi di Kemayoran, Jakarta Pusat seperti dikutip Holopis.com, Selasa (24/9).

Kristi menambahkan, mobil Medical Check Up (MCU) dilengkapi dengan peralatan medis yang memadai seperti pemeriksaan fisik/skrining kesehatan umum/deteksi dini penyakit, pengambilan darah dan pemeriksaan laboratorium, pemeriksaan rekam jantung atau EKG, serta pemeriksaan radiologi. 

“Peningkatan layanan ini diharapkan  mendorong sumber pendapatan BLU Balai Kesehatan Penerbangan agar ke depan semakin berkembang pesat dan mandiri,” tutur Kristi.

Dalam skala lebih luas, Mobil Medical Check Up (MCU) ini dapat berperan sebagai bentuk Corporate Social Responsibility (CSR) dalam memberikan Layanan Kesehatan pada masyarakat, serta sebagai alat edukasi pola hidup sehat sehingga tercapai pemberian layanan kesehatan yang lebih inklusif.

”Saya mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah berkontribusi dalam mewujudkan layanan ini. Kita semua harus memastikan bahwa layanan kesehatan ini dihadirkan untuk memberikan manfaat nyata bagi masyarakat untuk hidup sehat dan sejahtera,” katanya.