Sabtu, 21 September 2024
Sabtu, 21 September 2024

Sejarah Hari Perdamaian Internasional 21 September

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Pada tanggal 21 September setiap tahunnya, masyarakat dunia memperingati Hari Perdamaian Internasional atau International Day of Peace. Peringatan ini bukan hanya sekadar hari untuk memperingati perdamaian, tetapi juga memiliki makna mendalam.

Pada peringatan Hari Perdamaian Internasional ini, masyarakat di dunia diharapkan untuk mengedukasi dan meningkatkan kesadaran masyarakat global mengenai pentingnya hidup damai tanpa kekerasan.

Sejarah Hari Perdamaian Internasional

Hari Perdamaian Internasional ditetapkan oleh Majelis Umum Perserikatan Bangsa-bangsa pada tahun 1981. Saat itu, PBB mengeluarkan Resolusi 36/67 pada tanggal 30 September 1981, yang mengharuskan diakhirinya semua peperangan.

Setelahnya, PBB pun mengumumkan hari Selasa ketiga di bulan September setiap tahunnya untuk diperingati sebagai Hari Perdamaian Internasional atau International Day of Peace.

Dua puluh tahun kemudian, tepatnya pada tahun 2001, Majelis Umum PBB dengan suara bulat memilih untuk menetapkan Hari tersebut sebagai periode tanpa kekerasan dan gencatan senjata.

Adapun kala itu, hari Selasa ketiga di bulan September jatuh pada tanggal 21 September. Hingga kemudian pada tahun itu juga, PBB menetapkan 21 September sebagai tanggal resmi perayaan Hari Perdamaian Internasional.

Namun sebelum itu, Hari Perdamaian Internasional sendiri pertama kali dirayakan pada tanggal 21 September 1982, yang menjadi penanda adanya langkah besar ke arah mempromosikan perdamaian dan mengangkat isu-isu tentang pentingnya upaya pemeliharaan perdamaian di seluruh dunia.

Pada tahun ini, perayaan Hari Perdamaian Internasional jatuh pada hari Sabtu 21 September 2024. Tema yang diangkat untuk perayaan tahun ini yaitu ‘Cultivating a Culture of Peace’ atau ‘Membangun Budaya Damai’.

Perayaan tahun ini juga menandai peringatan 25 tahun diadopsinya Deklarasi dan Program Aksi tentang Budaya Damai oleh Majelis Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa.

Cara Memperingati Hari Perdamaian Internasional

Masyarakat dunia dapat melakukan berbagai cara untuk turut memperingati Hari Perdamaian Internasional, antara lain:

  • Membagikan pesan perdamaian yang berisi kata-kata Hari Perdamaian Internasional di media sosial.
  • Mengadakan bakti sosial.
  • Memperkenalkan The Global Goal For Sustainable Development yang digaunkan UNICEF
Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Hari Perhubungan Nasional 17 September, Begini Sejarahnya

Setiap tanggal 17 September, Indonesia memperingati Hari Perhubungan Nasional atau yang biasa disebut Harhubnas. Peringatan ini merupakan momentum penting bagi kita untuk merefleksikan dan mengapresiasi peran vital sektor perhubungan dalam mendukung pembangunan nasional.

Hari Palang Merah Nasional 17 September, Begini Sejarahnya

Hari Palang Merah Nasional diperingati setiap tanggal 17 September, yang pertama kali diresmikan dan diketahui oleh Drs. Mohammad Hatta pada tahun 1945.

Hari Ozon Internasional, 16 September : Simak Tema dan Sejarahnya

Hari Ozon Internasional diperingati pada 16 September di setiap tahunnya, dimana hari besar tersebut diperingati bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat dunia agar lebih mengenal mengenai ozon bumi itu sendiri.
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru