JAKARTA, HOLOPIS.COM – Toko-toko dan mall di Selandia Baru akhirnya kembali dibuka secara bertahap, setelah negara itu melakukan pembatasan kegiatan masyarakat disituasi pandemi pada Rabu (10/11).

Dilansir dari Reuters (10/11), penutupan itu dikarenakan kasus Covid-19 di Selandia Baru yang mengalami peningkatan.

Setelah turunnya angka kasus Covid-19 di Selandia Baru, beberapa toko dan mall diizinkan untuk menerima pembeli.

Tak hanya toko dan mall yang diizinkan, perpustakaan, museum, dan kebun binatang pun  juga diizinkan menerima pengunjung, setelah pemerintah melonggarkan pembatasan kegiatan masyarakat dalam situasi Covid-19.

Setelah semuanya kembali dibuka, hanya ada satu sektor yang tetap ditutup, yaitu sektor perhotelan.

Perdana Menteri Jacinda Ardern mengatakan, sektor perhotelan akan segera dibuka kembali setelah Auckland mencapai target vaksinisasi.

Ardern juga  mengatakan pembatasan akan dibuka setelah 90% warga Auckland sepenuhnya telah divaksinasi. Saat ini, sekitar 84% warga Auckland telah menerima dosis kedua mereka.

Setelah pembukaan toko-toko, mall, dan sektor umum lainnya, pemerintah memberikan informasi bahwa sekolah-sekolah akan kembali melakukan pembelajaran tatap muka di mulai pada Rabu depan (17/11).

Selandia Baru melaporkan bahwa negara itu memiliki kasus virus corona terendah di dunia dengan angka dibawah 8.000 infeksi dan 32 angka kematian.