JAKARTA, HOLOPIS.COM – Presiden Jokowi meresmikan Tugu Api, Semangat Indonesia Merdeka Tidak Pernah Padam di area Patung Dr. (H.C). Ir. Soekarno, di Kementerian Pertahanan.

Jokowi yang didampingi oleh Menteri Pertahanan Prabowo Subianto serta keluarga dari Bung Karno tersebut berharap dengan keberadaan Tugu Api ini menjadi pengingat semangat bangsa Indonesia dalam menghadapi setiap persoalan yang sedang dihadapi.

“Bung Karno pernah menyatakan, warisi apinya jangan abunya. Keberadaan tugu api semangat Indonesia merdeka tidak pernah padam ini adalah salah satu pengingat kobaran semangat kita,” kata Jokowi dalam sambutannya, Selasa (9/11).

Semangat yang dicitrakan dalam api tersebut, menurut Jokowi, harus tetap dijaga demi membangun Indonesia menjadi lebih maju dan lebih baik

“Semangat untuk melanjutkan perjuangan para founding father dan membangun Indonesia maju yang kita cita citakan,” tegasnya.

Tugu Api ini dibangun sebagai penyempurnaan atas pembangunan patung Dr. (H.C). Ir. Soekarno yang lebih dulu dibuat dan telah diresmikan pada 6 Juni 2021.

Tungku api memiliki diameter 1 meter dan terbuat dari bahan lapis baja stainless yang dapat menahan panas hingga 3200 derajat celcius serta bisa menyala sepanjang hari.

Makna dari api sendiri melambangkan semangat, harapan, keberanian, dan gairah. Api juga merepresentasikan kobaran semangat Bangsa Indonesia untuk senantiasa cinta Tanah Air, rela berkorban demi tegaknya kedaulatan NKRI, serta semangat untuk terus membangun bangsa dan negara demi terwujudnya Indonesia yang berdaulat, adil, dan makmur berdasarkan Pancasila dan UUD Republik Indonesia tahun 1945.

Acara ini turut dihadiri Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) Marsekal Fadjar Prasetyo, Kapolri Jenderal Listyo Sigit, Keluarga Besar Bung Karno, serta para pejabat Kementerian Pertahanan.