Jumat, 20 September 2024
Jumat, 20 September 2024

Para PRT Bakal Bacakan Puisi untuk Puan di Depan Gedung DPR

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Para Pekerja Rumah Tangga (PRT) bersama jaringan Koalisi Sipil untuk UU Perlindungan Pekerja Rumah Tangga (UU PPRT) kembali menggelar aksi di Gedung DPR RI, Jakarta pada Rabu, 18 September 2024 jam 10.00 WIB.

Aksi tersebut bakal diisi dengan pembacaan puisi dan pemberian bunga hingga rantai untuk semua pimpinan DPR RI.

Rencananya, akan hadir para aktivis perempuan pekerja dari Bumi Sriwijaya, Palembang yang juga keluarga besar Ketua DPR RI, Puan Maharani.

“Puan Maharani itu, Ayunda kami. Karena nenek Ayuk Puan, Fatmawati dari Bengkulu dan ayah Ayuk Puan dari Sumatera Selatan. Kami akan baca puisi untuk beliau dan memberinya mawar dan rantai,” kata perwakilan Organisasi Srikandi TP Sriwijaya, Dessi Desminar dalam keterangannya yang diterima Holopis.com.

Dessi menyebut bahwa dirinya akan menghadirkan 8 aktivisnya untuk aksi besok dan seterusnya hingga RUU PPRT disahkan oleh DPR RI masa periode 2019-2024 di bawah kepemimpinan Puan Maharni.

Selain Srikandi TP Sriwijaya, aksi juga dihadiri oleh Serikat Pekerja dari Bandung dan Tangerang Selatan dan tentu saja PRT Sapulidi, Jala PRT, Institut Sarinah, Konde.co, KASBI, LBH APIK, FSBPI, KPBI, Marsinah.id, KPI, dan lain-lain.

Tema yang diangkat adalah orasi dan puisi khusus untuk Ketua DPR, Puan Maharani.

“Kita coba menjangkau otak kanan para pimpinan dewan. Kami sampaikan puisi dan simbol-simbol bunga dan rantai, agar rasanya hidup dan muncul belas kasih,” kata Fanda Puspitasari dari Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia/GMNI.

Bunga adalah tanda cinta sedangkan rantai adalah simbol pembebasan dari perbudakan selain simbol kemanusiaan seperti di Sila kedua Pancasila.

Koalisi Sipil berharap cinta para PRT tidak bertepuk sebelah tangan dan para pimpinan mengirimkan belas kasihan.

“Ini kan hak konstitusional kami, jadi tidak ada yang berkurang dan mendatangkan kerugian bagi pimpinan. PRT butuh perlindungan hukum agar hak-hak kami bisa terpenuhi misalkan mendapat pekerjaan yang layak bagi kemanusiaan,” kata Jumisih dari Jala PRT.

Selain melakukan aksi, para anggota Koalisi juga akan bertemu dengan Wakil Ketua DPR RI dari Gerindra, Sufmi Dasco yang mengundang Koalisi untuk diskusi soal urgensi UU PPRT pada Kamis, 19 September 2024 mendatang.

“Kami berikan apresiasi tinggi pada pak Dasco yang membuka mata dan telinga semoga hatinya juga turut terbuka dan berpihak pada PRT,” kata Endang Yuliastuti dari Institut Sarinah.

Pertemuan tersebut akan dilakukan di Gedung DPR RI. Para PRT berharap, pertemuan ini membuka jalan untuk disahkannya RUU PPRT menjadi UU setelah diperjuangkan selama 20 tahun dan mereka harus melakukan aksi setiap hari di depan Gedung DPR RI sejak kurang lebih 2 tahun lalu.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Polres Jaksel Benarkan Nikita Mirzani Jemput Loly untuk Visum

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Pasca melaporkan Vadel Badjideh ke Polres Metro Jakarta...

Jerry Massie Sarankan Budi Arie Mundur, Tak Becus Urus Serangan Siber dan Judol

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Direktur eksekutif Political and Public Policy...

Habib Syakur Sarankan Rizieq Shihab Tak Perkeruh Suasana

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Inisiator Gerakan Nurani Kebangsaan (GNK) Habib...
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru