Jumat, 20 September 2024
Jumat, 20 September 2024

FIBA Resmi Berkantor di Jakarta, Ini Alasannya

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Federasi Bola Basket Dunia (FIBA) secara resmi berkantor di Jakarta. FIBA beralasan bahwa dibangunnya kantor tersebut karena tingginya antusiasme masyarakat Indonesia terhadap bola basket.

Seperti yang telah diketahui bersama, bahwa kantor FIBA yang berada di Gedung Dana Reksa, Jakarta, baru saja rampung seluruhnya dan telah diresmikan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi), Selasa (17/9).

Peresmian kantor FIBA itu turut pula dihadiri oleh Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) RI Dito Ariotedjo, Presiden FIBA Sheikh Saud Ali Al Thani, Sekjen FIBA Andreas Zagklis, PP Perbasi hingga FIBA World Member Erick Thohir.

Terkait hal ini, Andreas Zagklis sendiri menyebut bahwa pembangunan kantor FIBA di Jakarta tak lepas dari kesuksesan Indonesia dalam menggelar Piala Dunia Basket 2023 lalu.

“Untuk alasannya sangat sederhana karena kami melihat di Piala Dunia terjadi peningkatan minat terhadap bola basket di Indonesia. Kami melihat pemerintah mendukung bola basket dengan investasi besar seperti Indonesia Arena yang canggihdi Jakarta dan kami percaya ini bisa jadi bagian dari warisan Piala Dunia,” ungkap Andreas, seperti dikutip Holopis.com.

“Sudah waktunya bagi FIBA untuk memberikan kembali kepada Indonesia dengan membuka kantor dan investasi guna meningkatkan tidak hanya profil tetapi juga kualitas bola basket dan jumlah orang yang bermain bola basket di Indonesia,” tambahnya.

Lebih lanjut, Andreas berharap bahwa pebasket putra hingga putri bisa meningkat kualitasnya.

“Kami ingin lebih banyak lagi pebasket-pebasket putra dan putri yang ambil bagian dalam ajang basket. Selain itu dari segi kualitas, kami juga ingin lebih banyak pelatih yang lebih baik karena mereka yang akan membuat perbedaan dalam mendidik generasi muda dalam bermain bola basket yang bagus,” lanjutnya.

Kendati demikian, Andreas menjelaskan bahwa perlu juga adanya kolaborasi antara FIBA dengan PP Perbasi.

“Tentu saja bagian dari kegiatan kami di sini akan mencakup event-event olahraga, secara khusus basket untuk turnamen yang akan datang. Baik Timnas maupun klub-klub, serta kegiatan lainnya,” ujarnya lagi.

Dalam kesempatan yang sama, pihak PP Perbasi melalui Plt Ketum Ardima Rama Putra turut berharap dengan hadirnya FIBA di Indonesia, maka bisa berdampak positif bagi sepakbola basket Tanah Air itu sendiri.

“Kami dari Perbasi berharap pembukaan kantor FIBA ini bisa membawa dampak positif pada perkembangan olahraga bola basket dari sisi prestasi maupun industri,” kata Ardima.

“Apalagi kita tahu semakin banyak anak muda Indonesia yang makin menggemari olahraga bola basket,” sambungnya.

“Kami harapkan juga dengan adanya FIBA, kemasyarakatan atau pembudayaan olahraga bola basket bisa lebih merata ke seluruh Indonesia, tentunya dengan kerja sama FIBA-Perbasi dandukungan dari pemerintah olahraga basket semakin digemari masyarakat dan prestasi basket nasional semakin meningkat,” imbuhnya.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Tim Homeless Indonesia Siap Tampil di HWC 2024 Korsel, Kemenpora Harap Ada Perbaikan Peringkat

Tim Homeless Indonesia siap tampil di kompetisi Homeless World Cup atau HWC 2024 Seoul, Korea Selatan. Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) RI pun berharap skuad Garuda bisa memperbaiki peringkat di ajang tersebut.

China Open 2024 : Fajar/Rian Lanjut ke Perempat Final, Leo/Bagas Keok

Indonesia kembali meloloskan satu wakil ke perempat final China Open 2024 atas nama Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto dari ganda putra. Ada pun Leo Rolly Carnando/Bagas Maulana yang harus angkat koper dari dari kejuaraan usai kalah di 16 besar.

Update Klasemen Liga 1 Per Pekan ke-5 : Borneo FC Tetap Teratas

Borneo FC Samarinda tetap duduk di puncak klasemen Liga 1 dengan total 13 poin, diikuti oleh Persebaya Surabaya dan PSM Makassar di peringkat dua dan tiga.
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru