Rabu, 18 September 2024
Rabu, 18 September 2024

4.000 Tanaman Herbal di Halim Perdanakusuma Dilakukan Pemeriksaan

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Petugas Badan Karantina Indonesia lakukan pemeriksaan bibit-bibit tanaman yang akan di tanam di Taman Sains Teknologi Herbal dan Holtikultura (TSTH2) Sumatera Utara. Hal ini untuk memastikan seluruh bibit dalam kondisi sehat. 

Kepala Badan Karantina Indonesia, Sahat Manaor Panggabean mengatakan, pemeriksaan telah dilakukan sejak, Minggu (25/8) di Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur.

“Ini dari seluruh Indonesia, 514 Kabupaten dan Kota, setiap pengiriman bibit dari daerah sudah dilakukan pemeriksaan dan tindakan karantina oleh UPT Karantina, untuk memastikan kalau bibit-bibit tersebut sehat, bebas hama dan penyakit,” ungkap Sahat seperti dikutip Holopis.com, Senin (26/8).

Empat ribu lebih bibit tanaman tersebut terdiri dari tanaman hortikultura, tanaman pangan maupun perkebunan. Setelah dilakukan pemeriksaan karantina, bibit tersebut akan dikirim ke Bandara Internasional Sisingamangaraja XII, Silangit, Tapanuli Utara, Sumatera Utara yang selanjutnya akan didistribusikan ke Taman Sains Teknologi Herbal dan Hortikultura di Kec. Pollung, Kabupaten Humbang Hasundutan.

Sahat menjelaskan bahwa tindakan karantina yang dilakukan pejabat karantina yaitu pemeriksaan dokumen, fisik juga laboratorium. 

“Pemeriksaan laboratorium dilakukan untuk mendeteksi dan mengidentifikasi Organisme Pengganggu Tumbuhan Karantina (OPTK) seperti serangga, tungau, nematoda, gulma, moluska, cendawan, bakteri, fitoplasma, virus dan viroid,” terangnya. 

Program Strategis Nasional yang dimotori oleh Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi tersebut bertujuan untuk membuat lokasi budidaya dan pengembangan tanaman herbal dari seluruh Indonesia, melaksanakan penelitian dan pembuatan obat-obatan herbal berskala Internasional serta direncanakan juga menjadi pusat penelitian dan sumber bibit unggul untuk pertanian di Kabupaten Humbang Hasundutan.

Menurut Sahat, untuk bibit yang berasal dari wilayah selain Sumatera, bibit dikumpulkan melalui Bandara Halim Perdana Kusuma yang sudah dimulai sejak tanggal 21 Agustus, sedangkan yang berada di wilayah Sumatera dikirim melalui jalur darat.

“Karantina sangat mendukung program strategis nasional ini, jadi jangan sampai bibit-bibit tanaman ini kita kirim ke sana malah menyebarkan hama atau penyakit, itu yang terpenting,” pungkas Sahat,” pungkasnya. 

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

319.255 Pelamar Lolos Seleksi Administrasi CPNS Kemenag 2024

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Kementerian Agama (Kemenag) telah mengumumkan pelamar...

Lokasi Samsat Keliling Hari Rabu 18 September di Wilayah Jadetabek

Lokasi Samsat Keliling di wilayah Jadetabek (Jakarta, Depok, Tangerang dan Bekasi), disiapkan Polda Metro Jaya di 14 lokasi, pada Rabu 18 September 2024.

Lokasi SIM Keliling Hari Rabu 18 September di Jakarta

Jadwal dan lokasi SIM Keliling di Jakarta, pada hari Rabu 18 Agustus 2024 beroperasi di lima wilayah mulai pukul 08.00 – 14.00 WIB.
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru