JAKARTA, HOLOPIS.COM – Aktris Sinetron Vanessa Angel meninggal dunia karena kecelakaan maut yang terjadi di Tol Jombang Kamis (4/11).

Vanessa dikabarkan akan ke Surabaya bersama suami, buah hatinya, beserta supir dan babysister.

Diberitakan sebelumnya oleh Holopis.com, Vanessa menggunakan mobil pribadinya, yaitu mobil Mitsubishi Pajero Sport Dakar Ultimate 4×2 tahun 2018. Mobil yang digunakan Vanessa Angel memiliki fitur keselamatan yang cukup lengkap.

Dirlantas Polda Jatim Kombes Latif Usman, mengatakan supir Vanessa mengantuk saat berkendara lalu membanting setir ke kiri dan akhirnya menabrak pembatas jalan di sebelah kiri.

“Karena sopir ngantuk banting setir ke kiri nabrak pembatas tol sebelah kiri,” ujar Latif kepada wartawan, Kamis (4/11).

Berkendara yang aman merupakan hal penting untuk menunjang keselamatan lalu lintas. Namun, saat berkendara, rasa kantuk bisa datang kapanpun.

Rasa kantuk merupakan faktor yang sering terjadi dalam kasus kecelakaan lalu lintas, termasuk dalam kasus kecelakaan maut yang menimpa Vanessa Angel beserta keluarganya.

Ada beberapa tips yang bisa digunakan untuk menghilangkan rasa kantuk saat berkendara, ini tipsnya:

  • Jangan Makan Berlebihan

Saat berkendara, biasanya rasa kantuk datang dalam keadaan perut kosong. Oleh karena itu, jangan biarkan perut kita dalam keadaan kosong.

Namun, jangan biarkan juga perut kita diisi secara berlebihan. Pastikan perut terisi dengan secukupnya.

  • Minum Kopi

Mengkonsumsi kopi saat kantuk sudah banyak dilakukan oleh pengendara karena kopi bisa mengurangi rasa kantuk.

Beberapa dokter membenarkan kalau kopi merupakan obat kantuk, pasalnya kandungan kafein yang ada pada kopi bisa membantu menjaga kesadaran tubuh.

  • Hindari Mengkonsumsi Obat Saat Ingin Berkendara

Bagi pengendara yang akan menyetir, sangat dianjurkan untuk tidak minum obat sebelum melakukan perjalanan.

Beberapa obat memiliki efek samping yang dapat menyebabkan kantuk. Jadi, kalau mengharuskan untuk mengkonsumsi obat, sebaiknya tunda dulu perjalanannya.

  • Menepi Untuk Istirahat Sejenak

Tips ini adalah cara terbaik untuk menghilangkan rasa kantuk, menepikan kendaraan dan tidurlah sejenak.

Apabila pengendara sudah melakukan tips ini tetapi masih ada rasa kantuk, segeralah mengkonsumsi kopi agar membantu menjaga kesadaran tubuh.

  • Minta Ditemani Saat Berkendara

Saat berkendara jarak jauh, sebaiknya kita tidak berkendara sendiri, karena rasa kantuk biasanya lebih cepat datang.

Carilah teman yang memang bisa diajak untuk menemani sepanjang jalan. Lebih baik lagi, teman itu bisa bergantian mengemudi.

Biasanya dengan adanya teman, kita jadi asik mengobrol, sehingga rasa kantuk yang datang bisa teratasi. Namun, tetaplah fokus saat berkendara.

Sebelum terjadi kecelakaan, supir Vanessa Angel, Tubagus Joddy, telah diingatkan untuk tidak memainkan handphone saat berkendara.