BANDUNG, HOLOPIS.COM – Tentara Nasional Indonesia(TNI) didorong untuk semakin mendekatkan diri kepada rakyat dan mencintai Tanah Air Indonesia.

Hal tersebut disampaikan Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto saat memberikan ceramah pembekalan kepada para Perwira Siswa (Pasis) Pendidikan Reguler LXI Sekolah Staf dan Komandan Angkatan Darat (Seskoad) di Gedung Gatot Subroto Seskoad, Bandung, Jawa Barat.

“Menjadi seorang pemimpin tidaklah ringan, negara membutuhkan para pemimpin yang baik dan handal. Selain itu, Prajurit TNI harus selalu dekat dengan rakyat dan cinta Tanah Air karena TNI lahir dari perjuangan rakyat,” kata Prabowo, Rabu (3/11).

Prabowo juga menegaskan, selain kekuatan alustsita TNI, sistem pertahanan dan keamanan Indonesia yang menerapkan Sistem Pertahanan dan Keamanan Rakyat Semesta yang merupakan warisan dari para pendiri bangsa juga merupakan kekuatan bagi pertahanan Indonesia.

Ia juga mengimbau para Pasis agar senantiasa memperkaya wawasan tentang pertahanan dan lingkungan strategis sebab dimensi perang saat ini semakin beragam.

“Dengan kondisi demikian, selaku calon-calon pemimpin, Anda harus terus belajar dan meningkatkan kemampuan serta profesionalisme masing-masing di bidangnya”, tegasnya.

“Kita harus tahu apa yang lawan mampu perbuat. What they can do. Apa yang dia mampu. Dan kita tidak boleh lemah,” tambahnya.

Prabowo kemudian mengungkapkan pengalaman kepemimpinannya saat menjadi bawahan dari Kolonel Azwar Syam yang dikenal sebagai sosok tegas, tapi punya jiwa patriotisme, dan cinta Tanah Airnya sangat tinggi.

“Saya banyak belajar tentang kepemimpinan dari sosoknya yang dia juga dikenal perhatian kepada anak buahnya ini. Esensi dari leadership adalah kau boleh keras, tapi kalau kau mendidik dan kau hayati fungsi dirimu yang harus dilandasi dengan pertama, cinta Tanah Air. Kita semua di TNI harus dilandasi cinta Tanah air, patriotisme,” bebernya.

Prabowo juga mengungkapkan, dirinya bercita cita menanamkan jiwa kepemimpinan yang matang kepada para calon perwira militer tersebut. Oleh karena itu, itulah yang menjadi alasannya melakukan safari ke ke sejumlah Sesko yang ada di tiap matra TNI.

“Karena saudara-saudara di sini dipersiapkan untuk mengambil jenjang yang lebih tinggi. Seskoad ini dalam sejarahnya adalah tempat dipertahankannya nilai-nilai perjuangan, nilai-nilai kemerdekaan. Inilah yang harus kita pertahankan,” pungkasnya.

(Sel)