JAKARTA, HOLOPIS.COM – Setidaknya 25 orang tewas dan 50 lainnya luka-luka setelah seorang penembak menyerang rumah sakit militer terbesar di Afghanistan.

Dilansir dari The Sidney Morning Herald, sebuah ledakan terjadi di pintu masuk rumah sakit Sardar Mohammad Daud, dan kemudian dilanjutkan dengan serangan penembakan dari kelompok Islamic State. Hal tersebut telah dikonfirmasi oleh juru bicara Taliban, Zabihullah Mujahid.

Ia mengatakan tim khusus Taliban datang menggunakan helikopter untuk mencegah serangan masuk ke dalam rumah sakit. Salah satu penyerang pun berhasil ditangkap.

ISIS-K telah mengklaim sebagai dalang dari serangan tersebut. Serangan ini merupakan ledakan kesekian kalinya yang yang didalangi oleh ISIS-K setelah Taliban mengambil alih Afghanistan.

Kepala korps militer Kabul yang merupakan salah satu komandan senior Taliban, Mawlawi Hamdullah Mukhlis, menjadi salah satu korban tewas dalam serangan tersebut.

kepala korps militer Kabul dan salah satu komandan senior Taliban pertama yang memasuki istana presiden yang ditinggalkan ketika kota itu jatuh, kata pejabat Taliban.

ISIS-K telah melancarkan beberapa serangan beberapa masjid di Kabul selama bulan Agustus setelah Taliban ambil alih kekuasaan.

(Sel)