JAKARTA, HOLOPIS.COM – Presiden Amerika Serikat Joe Biden, mengecam Presiden China Xi Jinping dan Presiden Rusia Vladimir Putin karena kegagaglan mereka untuk menghadiri KKT iklim COP26 di Glasgow, Skotlandia pada hari Senin (1/11).

Biden mengatakan kepada beberapa wartawan di hari kedua konferensi, bahwa China telah menyepelekan masalah terbesar dengan tidak hadir Presiden Xi di KTT COP26.

Mereka juga telah kehilangan kemampuannya untuk mempengaruhi orang-orang diseluruh dunia, khususnya di COP26.

“Sejujurnya, itu adalah kesalahan karena China tidak muncul dan mereka telah kehilangan kemampuan untuk mempengaruhi orang-orang di seluruh dunia dan disini di COP.” kata politikus asal Amerika Serikat itu.

Kemudian, Biden juga menyerang Rusia karena tidak bisa berkomitmen pada tujuan iklim yang bersifat ambisius.

Sebelumnya, AS telah menetapkan target ambisius, berbeda dengan China dan Rusia yang tak tidak memiliki target serupa.

Perdana Menteri Inggris Boris Johnson juga ikut mengatakan, China telah membuat “komitmen substansial” dan berjanji untuk bergerak dari nol pada tahun 2060 atau sebelumnya, namun harus lebih banyak “komitmen” diperlukan dalam perubahan iklim.

“China memiliki kekuatan luar biasa untuk membuat perubahan dalam cara menjalankan ekonominya, mereka telah berkomitmen untuk tidak ada pembiayaan baru untuk batubara luar negeri, itu sudah merupakan perubahan besar, anda mulai melihat dampak dari keputusan China untuk menghentikan pembiayaan batubara. luar negeri di seluruh kawasan Asia Pasifik sudah,” kata Boris Johsnson.

Menurut Joe Biden, KKT iklim COP26 merupakan kesempatan untuk kemajuan besar dan membahas langkah-langkah yang harus dilakukan untuk menghadapi perubahan iklim global.

(Sel)