JAKARTA, HOLOPIS.COM – Pemerintah berharap agar provinsi Bali tidak terjadi peningkatan kasus harian positif Covid-19 demi rangkaian kegiatan Internasional di tahun 2022 mendatang.

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin menegaskan, dengan kondisi yang sudah semakin menurun, mereka akan berusaha keras mempertahankan hal tersebut.

“Kami juga mati-matian mempertahankan ini karena akan banyak event internasional besar tahun depan di Bali, seperti acara COP meeting lingkungan, kemudian acara G20, dan banyak acara lainnya,” kata Budi, Senin (1/11).

Demi lancarnya keberlangsungan acara tersebut, pemerintah melalui Kemenkes akan melakukan pilot project pelaksanaan pertemuan internasional, di antara pertemuan di kesehatan, turnamen bulu tangkis, hingga pertemuan pertama G20.

“Kita akan melihat di pilot project itu apa saja yang baik, apa saja yang perlu diperbaiki agar nanti pada saat pertemuan internasional yang memang terjadi tahun depan sudah jauh lebih siap, jauh lebih teruji protokol kesehatan kita,” tukasnya.

Pemerintah kemudian, ditambahkan Budi, akan terus memastikan pelaksanaan protokol kesehatan tetap berjalan agar tidak terjadi lonjakan kasus pada libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) mendatang.

“Protokol kesehatan ini menjadi penting karena memang mumpung Indonesia [kasus COVID-19] sedang turun sekarang, kita ingin memastikan bahwa implementasi protokol kesehatan bisa kita lakukan dengan sebaik-baiknya agar tidak terjadi lonjakan lagi, terutama nanti menghadapi Nataru,” tegasnya.