MADURA, HOLOPIS.COM – Tentara Nasional Indonesia Angkatan Laut bakalan unjuk kemampuan dengan armada tempur Australia dalam Latihan Bersama (Latma) New Horizon 2021.

Komandan Satuan Tugas Latihan Bersama (Dansatgas Latma) New Horizon 2021 sekaligus Komandan KRI I Gusti Ngurah Rai-332, Kolonel Sumarji Bimoaji menjelaskan, setidaknya ada dua kapal yang akan diterjunkan untuk mengikuti latihan perang tersebut.

“Dua kapal perang TNI AL, yakni KRI Malahayati-362 dan KRI I Gusti Ngurah Rai-332 akan berhadapan dengan kapal perang Angkatan Laut Australia (Royal Australian Navy), HMAS Anzac F-150,” jelas Sumarji seperti dikutip dari koarmada2.tnial.mil.id, Senin (1/11)

Kedua kapal perang yang merupakan bagian dari Satuan Kapal Eskorta Komando Armada II (Koarmada II) TNI ALitu telah bertolak dari Dermaga Madura ke Laut Jawa, pada hari Minggu (31/10) kemarin.

Ketiga armada ini kemudian akan menjalani Latma New Horizon 2021 yang sudah memasuki tahap Sea Phase, atau manuver lapangan. Fase ini merupakan puncak dari latihan rutin dua tahunan antara TNI AL dan Royal Australian Navy.

Tak hanya melibatkan kapal perang HMAS Anzec F-150, militer Australia juga mengerahkan helikopter Sikorsky MH-60R Seawahk.
Sementara itu, TNI Angkatan Laut mengerahkan helikopter Phanter AS-565 MBe.

Sumarji kemudian menegaskan bahwa keselamatan personel selama latihan adalah hal utama. Hal tersebut mengingat risiko yang cukup tinggi mengiringi sesi manuver lapangan Latma New Horizon 2021.

“Begitu juga keamanan terhadap bahaya navigasi. Sebab, keduanya menjadi kesuksesan dan kelancaran latihan,” tukasnya.

Selain itu, Sumarji juga mengingatkan agar para personel menjalankan latihan dengan fokus, sebagai bukti profesionalisme yang dimiliki seluruh prajurit TNI. Kemudian, para personel juga dihimbau agar meningkatkan hubungan persahabatan dengan bertukar pengalaman.