JAKARTA, HOLOPIS.COM Setelah meluncurkan sistem operasi (OS) Android 12, Google kembali umumkan kehadiran OS Android 12L. Huruf L di belakang, diartikan large screen atau layar besar.

OS Android 12L ini, ditujukan untuk digunakan perangkat yang memiliki layar besar seperti seperti tablet, smartphone layar lipat, hingga perangkat ChromeOS.

Untuk uji coba beta, akan dilakukan Google dalam waktu dekat. Sedangkan untuk ketersediaannya, Android 12L akan hadir awal tahun depan.

Tampilan antar muka Android 12L, sudah disesuaikan dengan perangkat yang memiliki layar besar. Sehingga, notifikasi, lock screen, hingga sistem ditampilkan dalam dua kolom.

tablet
Perangkat layar besar, bisa menggunakan OS Android 12L. (xda-developers.com)

Android 12L juga mendukung multitasking, dengan adanya taskbar baru yang memungkinkan pengguna mengganti aplikasi secara cepat. Dengan cara ini, fitur split screen juga lebih mudah ditemukan.

Para developer pun diminta untuk memperbaharui aplikasi mereka, agar bisa beradaptasi di beberapa perangkat dengan ukuran layar, Mulai dari smartphone, tablet kecil atau smartphone layar lipat, hingga tablet atau komputer.

Selain itu, Google juga akan memperingkatkan pengguna perangkat layar besar apabila ada aplikasi di Play Store yang belum dioptimalkan. Ada pula daftar peringkat aplikasi khusus layar besar yang akan ditampilkan mulai tahun depan di Play Store.

Sebagai informasi, Google mencatatkan sebanyak 100 juta aktivasi tablet Android tahun lalu, angak tersebut menunjukkan adanya peningkatan dari tahun sebelumnya sebesar 20 persen.

Selain itu, secara keseluruhan, ada lebih dari seperempat miliar tablet, smartphone layar lipat, dan perangkat ChromeOS yang menjalankan sistem operasi Android.