Kamis, 19 September 2024
Kamis, 19 September 2024

Soal Isu Transgender di Tinju Olimpiade Paris 2024, IOC Bilang Gini

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Baru-baru ini Olimpiade Paris 2024 tengah dihebohkan dengan isu transgender di cabang olahraga (cabor) tinju wanita. Komite Olimpiade Internasional (IOC) pun buka suara merespon hal tersebut.

Perlu diketahui bersama, isu transgender menyelimuti dua petinju wanita di Olimpiade Paris 2024, yakni Imane Khelif dari Al Jazair dan Lin Yu-ting dari Taiwan.

Baru-baru ini, Imane Khelif sukses mengandaskan perlawanan Angela Carini asal Italia di babak 16 besar tinju wanita Olimpiade Paris 2024. Di sisi lain, Lin Yu-ting akan main di fase pertama atas wakil Uzbekistan, Sitora Turdibekova.

Selepas laga, Carini berceloteh dan mengungkapkan bahwa dirinya belum pernah merasakan pukulan sesakit Imane Khelif.

“Saya tidak pernah merasakan sakitnya pukulan seperti itu sebelumnya. Saya wanita dewasa, ketikas saya merasa tidak bisa melanjutkan, itu bukan berarti menyerah, itu berarti memiliki harga diri untuk mengatakan cukup,” ungkap Carini.

Kedua petinju itu pun banyak mendapatkan kecaman yang seiring dengan isu bahwa keduanya disebut sebagai transgender.

Namun demikian, perlahan isu itu mulai terjawab, dimana laporan yang beredar di muka publik sebelumnya mengungkapkan bahwa memang Imane Khelif dan Lin Yu-ting berbeda dengan petinju wanita lainnya.

Imane Khelif dan Lin Yu-ting kabarnya memiliki kadar testosteron yang tinggi atau memiliki kromosom XY layaknya pria pada umumnya.

Terkait hal ini, IOC kemudian membantah isu tersebut dan menegaskan bahwa Khelif dan Lin bukan lah seornag transgender.

“Kami telah melihat dalam laporan menyesatkan tentang dua atlet wanita yang berkompetisi di Olimpiade Paris 2024,” tulis pengumuman IOC, seperti dikutip Holopis.com.

“Keduanya telah berkompetisi dalam kompetisi tinju internasional selama bertahun-tahun di kategori wanita, termasuk Olimpiade Tokyo 2020, Kejuaraan Dunia Asosiasi Tinju Internasional (IBA), dan turnamen yang disetujui IBA. Namun pada tahun 2023 kemarin, mereka tiba-tiba didiskualifikasi tanpa proses hukum apa pun,” lanjutnya.

“Aturan kelayakan tidak boleh diubah selama kompetisi berlangsung, dan setiap perubahan aturan harus mengikuti proses yang sesuai dan harus didasarkan pada bukti ilmiah,” tutupnya.

Sebagai informasi, IBA sebelumnya sempat mendiskualifikasi Imane Khelif dan Lin Yu-ting dari Kejuaraan Tinju Dunia 2023 dengan alasan transgender tersebut.

Kini, dengan pernyataan IOC tersebut, maka Imane Khelif dan Lin Yu-ting akan tetap melanjutkan permainannya di Olimpiade Paris 2024.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Tim Homeless Indonesia Siap Tampil di HWC 2024 Korsel, Kemenpora Harap Ada Perbaikan Peringkat

Tim Homeless Indonesia siap tampil di kompetisi Homeless World Cup atau HWC 2024 Seoul, Korea Selatan. Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) RI pun berharap skuad Garuda bisa memperbaiki peringkat di ajang tersebut.

China Open 2024 : Fajar/Rian Lanjut ke Perempat Final, Leo/Bagas Keok

Indonesia kembali meloloskan satu wakil ke perempat final China Open 2024 atas nama Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto dari ganda putra. Ada pun Leo Rolly Carnando/Bagas Maulana yang harus angkat koper dari dari kejuaraan usai kalah di 16 besar.

Update Klasemen Liga 1 Per Pekan ke-5 : Borneo FC Tetap Teratas

Borneo FC Samarinda tetap duduk di puncak klasemen Liga 1 dengan total 13 poin, diikuti oleh Persebaya Surabaya dan PSM Makassar di peringkat dua dan tiga.
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru