Jumat, 20 September 2024
Jumat, 20 September 2024
NewsEkobizPertamina Naikkan Harga BBM Hari Ini, Pertalite Ikut Naik?

Pertamina Naikkan Harga BBM Hari Ini, Pertalite Ikut Naik?

HOLOPIS.COM, JAKARTA – PT Pertamina Patra Niaga akhirnya melakukan penyesuaian harga BBM (bahan bakar minyak) yang dijualnya yang mulai berlaku pada hari ini, Jumat 2 Agustus 2024.

Namun penyesuaian tersebut hanya dilakukan pada BBM jenis non subsidi, yakni Pertamax Turbo dan Pertamax Green 95, serta produk gasoil yaitu Pertamina Dex dan Dexlite. Sedangkan untuk jenis Pertamax tidak ada perubahan harga.

Pjs Corporate Secretary Pertamina Patra Niaga, Heppy Wulansari menyampaikan, bahwa penyesuaian harga BBM non subsidi ini dilakukan Pertamina dengan mengacu pada harga rata-rata minyak dunia atau ICP dan nilai tukar rupiah terhadap dolar AS (USD).

“Mengacu pada rata-rata harga minyak dunia, Pertamina Patra Niaga telah mengevaluasi ulang dan melakukan penyesuaian harga untuk Pertamax Green RON 95, Pertamax Turbo RON 98, serta BBM non subsidi untuk kendaraan diesel yaitu Dexlite dan Pertamina Dex berlaku per 2 Agustus 2024,” jelas Heppy dalam keterangan resminya, seperti dikutip Holopis.com, Jumat (2/8).

“Untuk Pertamax harga tetap,” imbuhnya.

Heppy mengatakan, bahwa penyesuaian harga tidak hanya dilakukan oleh Pertamina, tetapi seluruh badan usaha penyedia BBM di Indonesia. Dimana mereka sudah lebih dulu melakukan penyesuaian harga pada Kamis (1/8) kemarin.

Ia lantas menegaskan, kebijakan penyesuaian harga BBM Non Subsidi Pertamina selalu mempertimbangkan stabilitas ekonomi dan daya beli masyarakat.

“Meskipun tren ICP mengalami kenaikan sejak akhir trimester pertama, harga BBM Non Subsidi Pertamina Patra Niaga tidak mengalami perubahan sejak Maret 2024,” tegas Heppy.

Adapun penetapan harga, menurut Heppy sudah sesuai dengan regulasi Kepmen ESDM No. 245.K/MG.01/MEM.M/2022 sebagai perubahan atas Kepmen No. 62/K/12/MEM/2020 tentang formulasi harga JBU atau BBM non subsidiKepmen ESDM No. 62/K/12/MEM/2020 tentang formulasi harga jenis bahan bakar umum (JBU).

“Kami pastikan harga ini tetap kompetitif untuk produk-produk dengan kualitas setara,” kata Heppy.

Adapun dengan adanya penyesuaian harga ini, maka harga BBM untuk wilayah DKI Jakarta, Pertamax tetap di harga Rp12.950 per liter, begitu pun dengan Pertalite yang masih di harga Rp 10.000 per liter.

Sedangkan Pertamax Green disesuaikan menjadi Rp15.000 dari sebelumnya Rp13.900 per liter, Pertamax Turbo menjadi Rp15.450 dari sebelumnya Rp14.400 per liter, Dexlite menjadi Rp15.350 dari sebelumnya Rp14.550 per liter, dan Pertamina Dex di harga Rp15.650 dari sebelumnya Rp15.100 per liter.

Selain wilayah DKI Jakarta, harga ini juga berlaku untuk provinsi dengan besaran pajak bahan bakar kendaraan bermotor (PBBKB) sebesar 5 persen.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Baca Juga

Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

BERITA TERBARU

Lainnya
Related

Tambah Sajian Kuliner, PT JMRB Resmi Hadirkan Gerai Eats and Co di Travoy Hub

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Sebagai bentuk mendongkrak kebutuhan pengunjung dari...

Australia Hentikan Penyelidikan Antidumping Produk Nanas Indonesia

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Pemerintah Australia memutuskan untuk menghentikan penyelidikan...

IHSG Melesat Usai BI dan The Fed Turunkan Suku Bunga

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pada perdagangan Sesi I hari ini, Kamis (19/9), melesat hingga berhasil tembus level resistance 7.900.

SRBI Makin Laku, Kepemilikannya Capai Rp 918,42 Triliun

Bank Indonesia (BI) mencatat kepemilikan Sekuritas Rupiah Bank Indonesia (SRBI) sampai dengan tanggal 17 September 2024 telah mencapai Rp 918,42 triliun.