Jumat, 20 September 2024
Jumat, 20 September 2024

Kapolda Metro Jaya Bakal Evaluasi Tim Patroli Roda Dua

JAKARTA, HOLOPIS.COM – Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran tegaskan bahwa pihaknya akan melakukan evaluasi terhadap tim patroli roda dua khususnya yang tergabung dalam Tim Sabhara Polda Metro Jaya saat bertugas.

Evaluasi yang akan dibarengi dengan pelatihan tersebut dimaksudkan agar aparat kepolisian yang bertugas di lapangan tidak lagi bertindak semena-mena beratasnamakan hukum namun benar benar sesuai SOP.

“Saya rencananya akan mengumpulkan patroli roda dua, nanti saya akan berikan pelatihan khusus. Saya siapkan helmnya, kendaraanya, senjatanya dan kemudian juga akan disiapkan SOP (standar operasional prosedur). Jadi tidak ada lagi jaguar, kobra, atau tim macam-macam yang dia tumbuh dan berkembang sendiri,” kata Fadil, Sabtu (30/10).

Selain memberikan pelatihan khusus, tiap anggota patroli juga akan diberikan pemahaman tentang hak asasi manusia (HAM) dan Undang-Undang. Sehingga tidak ada lagi debat kusir saat pemeriksaan tindak kejahatan.

“Nanti, dia akan mengerti tentang HAM, sudah mengerti tentang perspektif komunikasi dan kejahatan serta bagaimana caranya mengecek identitas seseorang, dan saat bertemu orang yang mabuk, dia tahu bagaimana cara mengecek kadar alkohol dalam darah orang tersebut. Jadi tidak seperti sekarang ada debat kusir, demikian juga dia memahami Undang-Undang yang melekat pada dirinya, paham cara menggeledah dan memeriksa orang,” terangnya.

Fadil kemudian juga berharap, pelatihan khusus untuk tim patroli dapat memberikan pemahaman saat melakukan penindakan kejahatan jalanan. “Ini semua harus kita siapkan, ini akan menjadi wajah baru Polda Metro Jaya, khususnya polisi di malam hari. Pokoknya no place to hide, semuanya akan ditemukan bila melakukan kejahatan di Jakarta,” tegasnya.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Tawuran di Bekasi Tewaskan Seorang Remaja

HOLOPIS.COM, BEKASI - Seorang remaja berinisial  WS tewas terkena...

KPK Dalami Penempatan Dana Taspen ke Sejumlah Sekuritas

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengungkap penempatan...

Rugi Puluhan Juta Rupiah, Pengusaha Karawang Lapor Proyek Fiktif ke Polres

Ferry Dharmawan, seorang pengusaha asal Karawang, melaporkan dugaan penipuan dan penggelapan yang dilakukan oleh pria berinisial EA ke Polres Karawang. Dugaan tersebut terkait proyek fiktif yang menyebabkan kerugian materiil bagi Ferry, setelah ia menyerahkan uang puluhan juta rupiah.
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru