Selasa, 17 September 2024
Selasa, 17 September 2024

Hari Tanpa TV Diperingati Setiap 23 Juli yang Digagas YPMA

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Hari Tanpa TV diperingati setiap tanggal 23 Juli, yang digagas oleh  Koalisi Nasional Yayasan Pendidikan Media Anak (YPMA) dan ditetapkan pada tahun 2008.

Dalam pelaksanaannya, YPMA mengajak masyarakat untuk mematikan TV selama sehari penuh. Sementara itu, dikutip Holopis.com, Selasa (23/7) dari laman FISIP Universitas Al Azhar Indonesia, Hari Tanpa TV dimaksudkan untuk menekan sikap kritis keluarga dan anak-anak ketika menonton televisi.

Sebagaimana diketahui, TV sudah menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari yang dipergunakan untuk media publik yang menyajikan tentang informasi, pendidikan dan hiburan.

Sayangnya, TV juga memiliki dampak negatif terutama pada anak atau remaja akibat banyaknya tayangan yang tidak sesuai usia mereka seperti kekerasan, dialog vulgar, serta gaya hidup bebas

Dalam sebuah penelitian, menunjukkan muatan negatif pada televisi bisa memengaruhi perkembangan fisik dan mental anak atau remaja. Kecanduan televisi juga menyebabkan penyimpangan perilaku hingga gangguan penglihatan dan pendengaran.

Untuk meminimalisir dampak tersebut, bisa dilakukan dengan mematikan TV secara perlahan agar tidak ketergantungan. Kegiatan itu sekaligus memperkenalkan aturan tentang penggunaan media televisi, seperti tayangan yang layak ditonton dan waktu yang tepat untuk mengakses TV.

Untuk merayakan Hari Tanpa TV, Sobat Holopis bisa melakukan kegiatan seperti berikut ini :

  1. Berbincang dengan orang terdekat
  2. Berdonasi
  3. Bermain game
  4. Makan bersama keluarga
  5. Membaca buku
  6. Membersihkan rumah
  7. Olahraga
  8. Pergi jalan-jalan
  9. Tidur
Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Hari Ozon Internasional, 16 September : Simak Tema dan Sejarahnya

Hari Ozon Internasional diperingati pada 16 September di setiap tahunnya, dimana hari besar tersebut diperingati bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat dunia agar lebih mengenal mengenai ozon bumi itu sendiri.

Hari Demokrasi Internasional : Makna dan Sejarahnya

Hari Demokrasi Internasional yang biasa disebut International Day of Democracy memiliki makna tersendiri dalam peringatan setiap tahunnya.

Hari Kunjung Perpustakaan, Momentum Tingkatkan Minat Baca dan Literasi Masyarakat

Setiap tanggal 14 September, Indonesia memperingati Hari Kunjung Perpustakaan, sebuah momentum penting untuk mengingatkan kita semua akan pentingnya perpustakaan dalam membangun kecerdasan dan literasi bangsa.
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru