JAKARTA, HOLOPIS.COM – Sebuah platform digital diluncurkan Alibaba DAMO Academy, yang memiliki kemampuan memprediksi kondisi cuaca jangka pendek hingga enam jam sebelumnya.

Platform tersebut dinamakan Nowcasting, yang menggunakan berteknologi AI/Artificial Intelligence (kecerdasan buatan) berbasis cloud.

Platform prakiraan cuaca berbasis AI, dikembangkan bersama oleh Alibaba DAMO Academy dan National Meteorological Center di Tiongkok, menggabungkan model Convolutional Neural Network (CNN) untuk mengekstrak fitur secara efektif dari pantulan radar dan citra satelit meteorologi.

Uji coba Nowcasting juga sudah dilalukan, dalam acara APSARA Conference 2021. Kemampuan yang dimiliki Nowcasting antara lain, mampu melacak curah hujan, kecepatan angin, serta kondisi cuaca buruk seperti guntur dan hujan es.

Akurasi hasil prakiraan cuaca yang dilakukan Nowcasting, diklaim bisa memberikan hasil yang tepat bagi sektor. Namun hal tersebut tergantung pada cuaca, termasuk pertanian, logistik, transportasi, dan energi terbarukan.

“Nowcasting telah membuktikan pentingnya teknologi untuk membantu berbagai sektor dalam membuat keputusan yang terkait informasi cuaca. Para pemain teknologi global bekerja keras untuk mengembangkan layanan berbasis teknologi yang memanfaatkan data iklim yang andal dari negara masing-masing,” ujar Rong Jin, Head of the Machine Intelligence Lab di Alibaba DAMO Academy,

Saat ini, platform tersebut sudah tersedia untuk pelanggan Alibaba Cloud di Tiongkok. Kemampuan Nowcasting di Tiongkok diklaim ada peningkatan, dengan menggunakan algoritme mutakhir dan teknologi cloud.

“Kami bertujuan untuk membantu bisnis mengatasi berbagai tantangan terkait iklim dan mengurangi risiko cuaca yang tidak dapat diprediksi,” kata Rong Jin.