JAKARTA, HOLOPIS.COM Bau mulut adalah sebuah kondisi yang sangat tidak mengenakkan. Betapa tidak, aktivitas sosialisasi dan berbicara dengan orang lain bisa sangat terganggu karena adanya aroma tidak sedap dari mulut. Banyak faktor penyebab bau mulut.

Namun kali ini, Holopis.com akan membagikan tips bagaimana cara mencegah bau mulut.

Cara terbaik untuk menghindari bau mulut adalah dengan cara mencegah bau mulut sebelum hal tersebut muncul. Kamu bisa mencegah bau mulut dengan memastikan kesehatan mulut tetap terjaga.

1. Rutin sikat gigi
Sikat gigi pada umumnya wajib dilakukan dua kali dalam sehari. Jangan asal-asalan saat melakukannya, lakukan dengan baik dan benar menggunakan pasta gigi dengan flouride.

Akan tetapi, sangat baik jika kamu juga menyikat gigi 15 – 20 menit setelah makan, khususnya jika banyak makanan yang terselip di sela-sela gigi. Juga jangan lupa untuk menyikat lidah kamu saat menggosok gigi. Pasta gigi yang berkualitas juga menentukan apakah proses sikat gigi Anda cukup baik atau tidak.

2. Ganti sikat gigi secara rutin
Biasakan mengganti sikat gigi 2 atau 3 bulan sekali sangat dianjurkan.

Setelah sembuh dari sakit pun sebaiknya mengganti sikat gigi agar tidak tertular lagi seandainya ada bakteri yang masih tertinggal.

3. Rutin periksa gigi setiap 6 bulan sekali
Meski tidak sedang sakit gigi, sangat dianjurkan untuk datang ke dokter gigi dan memeriksakan kondisi gigi kamu. Dokter akan melakukan pemeriksaan secara profesional dan mengantisipasi kemungkinan-kemungkinan kerusakan gigi yang akan muncul.

4. Makan kudapan yang sehat
Kebiasaan makan-makanan yang sehat dan alami mengurangi risiko bau mulut, asalkan gigi dan mulut kamu dalam keadaan sehat.

Buah-buahan dan sayur tidak mengandung zat kimia berbahaya yang berbau tidak enak jika membusuk. Jika merasa nafas kamu terlalu bau, cobalah mencatat makanan apa saja yang sudah dimakan, lalu berikan pada dokter untuk dianalisis.

5. Stop merokok
Tidak perlu diragukan lagi, rokok dan produk-produk tembakau lainnya menyebabkan bau mulut tidak sedap. Hentikan kebiasaan merokok segera jika kamu seorang perokok.

Itulah lima tips bagaimana mencegah bau mulut terjadi. Semoga bermanfaat.