Jumat, 20 September 2024
Jumat, 20 September 2024

PPIH : Bus Shalawat Tetap Beroperasi hingga Seluruh Jemaah Tinggalkan Mekkah

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Daerah Kerja (Daker) Makkah memastikan layanan bus shalawat akan tetap beroperasi hingga seluruh jemaah haji 2024 M/1445 H meninggalkan Makkah.

Kepala Seksi Transportasi Daker Makkah, Syarif Rahman mengatakan, bahwa layanan bus shalawat baru akan diberhentikan pada Sabtu (13/7) pukul 12.00 Waktu Arab Saudi (WAS).

“Jemaah haji Indonesia yang terakhir meninggalkan Makkah esok hari (Sabtu) pukul 11.00 WAS. Jadi operasional Bus Shalawat baru akan dihentikan setelah seluruh jemaah meninggalkan Makkah,” katanya dalam keterangan resmi, seperti dikutip Holopis.com, Sabtu (14/7).

Syarif menjelaskan, meskipun sebagian besar jemaah sudah meninggalkan kota Makkah, layanan Bus Shalawat tetap beroperasi.

“Kalau tadi kita tanya secara random kepada jemaah, banyak yang akan melaksanakan tawaf wada hari ini ba’da salat Ashar, Magrib, dan Isya,” tutur Syarif.

Berdasarkan data PPIH Daker Makkah, sebanyak 15 kelompok terbang (kloter) yang akan diberangkatkan menuju kota Madinah pada hari ini. Kloter-kloter tersebut akan menutup pemberangkatan jemaah haji gelombang ke-2 menuju Kota Madinah.

“Hal ini juga menandai berakhirnya layanan penyelenggaraan ibadah haji Daker Makkah pada tahun ini,” tutur Syarif.

Di masa puncak haji, lanjutnya, terdapat 22 rute Bus Shalawat yang dioperasikan. Sebanyak 16 rute beroperasi di terminal Syib Amir. Sedangkan sisanya sebanyak enam rute beroperasi di terminal Jiyad.

Sementara untuk jumlah bus shalawat yang beroperasi di 22 rute bus yang beroperasi selama puncak haji mencapai 425 bus per hari.

Adapun dari 22 rute yang ada, terdapat 12 rute bus shalawat yang masih beroperasi hingga berakhirnya masa pelayanan Daker Makkah, diantaranya yakni sebagai berikut :

Rute 1 (Syisyah – Syib Amir)
Rute 2 (Syisyah – Syib Amir)
Rute 4 (Syisyah – Syib Amir)
Rute 7 (Raudhah – Syib Amir)
Rute 12 (Jarwal – Syib Amir)
Rute 14 (Jarwal – Syib Amir)
Rute 15 (Jarwal – Syib Amir)
Rute 16 (Jarwal – Syib Amir)
Rute 17 (Misfalah – Jiyad)
Rute 18 (Misfalah – Jiyad)
Rute 20 (Rei Bakhas – Jiyad)
Rute 21 (Rei Bakhas – Jiyad).

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Gus Yaqut Diterima Menhaj Tawfiq, Bahas Persiapan Haji 2025

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas bertemu...

Kemenag Tegaskan Tidak Ada Jual Beli Kuota Haji

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Isu jual beli kuota haji menjadi...

DPR Puji Haji Tahun 2024, Alhamdulillah Banyak Dapat Pujian Positif

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Ketua Komisi VIII DPR Ashabul Kahfi...
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru