JAKARTA, HOLOPIS.COM – Dalam rangka melestarikan nilai-nilai keteladanan dan kepemimpinan para prajurit, saat mereka berjuang mempertahankan kedaulatan NKRI dari serangan penjajah. TNI Angkatan Laut (AL), memiliki rencana untuk membuat sebuah film berjudul Arafuru.

“Nilai-nilai perjuangan, keteladanan, dan kepemimpinan yang telah ditorehkan oleh para prajurit Jalasena, yakni Komodor Yos Sudarso beserta para Kusuma Bangsa patut menjadi contoh dan teladan bagi kita generasi penerus bangsa,” kata Laksamana TNI Yudo Margono, Kepala Staf TNI AL usai acara teken perjanjian kerja sama pembuatan film di KRI Bung Tomo-357, Jakarta.

Untuk memproduksi film yang mengabadikan perjuangan para pahlawan yang gugur pada pertempuran di Laut Arafuru, TNI AL mempercayakannya kepada Perseroan Terbatas (PT) ITSN.

Nantinya, KRI Bung Tomo-357 akan menjadi salah satu lokasi pembuatan film Arafuru. Dalam film tersebut, aktor Indonesia Chiko Jericho rencananya akan memerankan sosok Komodor Yos Sudarso.

Film yang membawa semboyan “Kobarkan Semangat Pertempuran” itu, akan tayang pada tanggal 15 Januari 2023, bertepatan dengan hari peringatan Pertempuran di Laut Arafura, yang dikenal dengan Hari Dharma Samudra.