JAKARTA, HOLOPIS.COM – Jelang libur Natal dan Tahun Baru, Presiden Joko Widodo (Jokowi) ingatkan seluruh kepala daerah mengatur libur panjang jangan sampai penyebaran Covid 19 meningkat seperti pengalaman sebelumnya.

“Saya minta betul-betul agar dikelola, diatur, sehingga Natal dan Tahun Baru ini berjalan dengan tidak ada kerumunan,” ujar Jokowi dalam siaran pers Sekretariat Presiden pada Selasa (26/10).

Jokowi mengatakan, dari hasil survei akan ada 19,9 juta orang yang sudah punya niat mudik pada momen libur panjang mendatang. Oleh sebab itu, semua provinsi, kabupaten, dan kota bisa mengantisipasi hal tersebut.

“Inilah yang harus kita antisipasi, semua provinsi, semua kabupaten dan kota harus mengingatkan warganya agar Natal dan Tahun Baru ini lebih baik tidak bepergian ke mana-mana,” kata Presiden.

Untuk mengantisipasi kemungkinan gelombang ketiga, Jokowi minta seluruh unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) untuk mensosialisasikan hal tersebut.

“Kita harapkan Natal dan Tahun Baru bisa kita kelola dengan baik, karena hampir semua epidemiolog takut bahwa yang memicu gelombang ketiga,” jelasnya.