Jumat, 20 September 2024
Jumat, 20 September 2024

PB SEMMI Ungkap Kemenag Diskriminatif Soal Dana Pembinaan OKP

JAKARTA, HOLOPIS.COM Ketua Umum Pengurus Besar Serikat Mahasiswa Muslimin Indonesia (PB SEMMI) Bintang Wahyu Saputra mengatakan, bahwa selama ini Kementerian Agama cenderung berlaku diskriminatif terhadap pengelolaan dana pembinaan organisasi kemasyarakatan pemuda (OKP) Islam.

“Kemenag selama ini telah diskriminasi juga terhadap hak-hak ormas lain selain NU, seperti hak dari sayap syarikat islam (SI) itu sendiri tentang dana pembinaan OKP islam,” kata Bintang kepada Holopis.com, Senin (25/10).

Ia mengaku banyak memilih diam selama ini karena khawatir akan memperkeruh suasana ukhuwah antar umat beragama, khususnya antar organisasi Islam. Akan tetapi bak bisul yang meletus, ia pun akhirnya memilik speak up terlebih setelah mendengar statemen Menteri Agama Republik Indonesia, Yaqut Cholil Qoumas beberapa waktu yang lalu.

Di mana Ketua Umum Pengurus Pusat Gerakan Pemuda Ansor (GP Ansor) yang karib disapa Gus Yaqut itu menyebut, bahwa Kementerian Agama (Kemenag) adalah lembaga eksklusif yang diberikan negara untuk Nahdlatul Ulama (NU).

“Sejak lama kami ingin bicara masalah diskriminasi yang selama ini terjadi di Kemenag, namun kami masih berpikir potensi kerusakan keutuhan berbangsa,” ujarnya.

“Namun dengan adanya pernyataan Menag ini sudah saat ini kami serumpun SI sebagai ormas tertua di Indonesia mengatakan stop diskriminasi terhadap hak-hak ormas OKP Islam dan umat lainnya di Indonesia,” imbuhnya.

Kemudian, Bintang menyampaikan bahwa di Kementerian Agama ada alokasi anggaran yang bernama dana pembinaan ormas. Dana tersebut kata Bintang dikelola oleh Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat (Bimas) Islam.

Mengetahui adanya sumber dana yang bisa digelontorkan negara untuk pengelolaan dan pengembangan organisasi Islam tersebut, pihaknya pun mengajukan permohonan ke lembaga tersebut. Namun Bintang menyatakan bahwa permohonan anggaran pengelolaan organisasinya tersebut tidak pernah disetujui.

“Itu ada dana pembinaan buat ormas sama OKP Islam di Dirjen Bimas Islam, sampai saat ini SEMMI nggak pernah dapat. Setiap kami ajukan proposal bantuan kegiatan juga nggak pernah dibantu Kemenag,” tandasnya.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Ferry Koto Puji Gielbran Masuk PKB, Sindir Anies Baswedan

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Influencer Ferry Koto memberikan reaksi positif...

SBY Main ke Rumah Prabowo, Diajak Ngopi Sambil Diskusi

Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) berkunjung ke kediaman presiden terpilih Prabowo Subianto di Jl Kertanegara No. 4 Jakarta Selatan, Kamis (19/9).

Indra Septiarman Sudah Ngaku Bunuh Nia

HOLOPPIS.COM, JAKARTA - Kapolres Padang Pariaman, AKBP Ahmad Faisol...
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru