HOLOPIS.COM, JAKARTA – Dunia basket saat ini tengah dihebohkan dengan kemunculan Zhang Ziyu yang merupakan pebasket berusia 17 tahun asal China, dengan memiliki ketinggian mencapai 220 cm.

Sebelumnya, perlu diketahui bersama bahwa saat ini tengah digelar turnamen FIBA U-18 Women’s Asia Cup 2024 di Shenzhen, China, yang berlangsung mulai 24 sampai 30 Juni mendatang.

Pada turnamen tersebut juga, ada Timnas Basket Putri Indonesia yang berpartisipasi, dimana skuad Garuda ada di Grup B bersama Jepang, Selandia Baru dan tim tuan rumah China itu sendiri.

Sebelumnya Indonesia dan China telah berhadapan, pada Senin (24/6) lalu. Dalam pertandingannya di Longhua Cultural and Sports Center, China mampu menang dengan skor 109-50 atas Indonesia.

Menariknya, dalam pertandingan tersebut ada Zhang Ziyu yang tampil dan menjadi buah bibir karena ketinggiannya itu.

Zhang Ziyu menjadi sorotan karena memiliki tinggi badan mencapai 220 cm di usianya yang saat ini 17 tahun. Yang lebih menariknya lagi, tinggi badan Zhang Ziyu berhasil mengalahkan legenda basket NBA asal Amerika Serikat, yakni Shaquille O’Neal yang memiliki tinggi 216 cm.

Praktis, dengan keunggulan tersebut, Zhang Ziyu jadi pemain yang produktif untuk mencetak poin. Dalam pertandingannya melawan Indonesia, Zhang Ziyu mampu menciptakan 19 poin, tujuh rebounds dan dua assists.

Tak sampai situ, Zhang Ziyu juga kembali menjadi sorotan ketika China melawan Selandia Baru keesokan harinya. Berkat kontribusinya itu, China menang 90-68 atas Selandia Baru.

Zhang Ziyu pun jadi pencetak skor terbanyak dengan 36 poin, 13 rebounds dan satu assists.