BerandaNewsEkobizMentan Sebut RI Masih Rawan Dilanda Krisis Pangan

Mentan Sebut RI Masih Rawan Dilanda Krisis Pangan

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Menteri Pertanian (Mentan), Andi Amran Sulaiman menyebut Indonesia masih berpeluang besar dilanda krisis pangan. Bahkan dikatakannya, krisis pangan bisa saja terjadi pada tahun 2024 ini.

Dia lantas menjelaskan, jika jumlah padi yang ditanam tidak sesuai dengan target pemerintah di tiga bulan ke depan, yakni di bulan Juli, Agustus dan September, maka besar kemungkinan terjadi permasalahan pangan di November 2024 mendatang.

Sebab, kata dia, hasil panen untuk penanaman padi di bulan Juli akan menjadi stok pangan di bulan November. Begitu juga untuk penanaman di bulan Agustus, dimana hasil panennya untuk stok pangan Desember dan seterusnya.

“Hitung-hitungannya kalau tanam hari ini, katakanlah Juni sudah selesai, Juni aman. Kalau Juli (tidak tanam sesuai target), artinya Agustus, Oktober, November (masih masa tanam), maka November aja (pangan berpotensi bermasalah),” kata Mentan dalam keterangannya, seperti dikutip Holopis.com, Selasa (25/6).

Penerbit Iklan Google Adsense

Untuk itu, Amran pun menargetkan satu juta hektar sawah dapat ditanami di setiap bulannya. Sebab untuk satu juta hektar lahan diperkirakan bisa menghasilkan sekitar 5 juta ton gabah, atau setara 3 juta ton. Sedangkan untuk kebutuhan pangan di Indonesia sebanyak 2 – 2,5 juta ton per bulan.

“Kita target (tanam padi) tidak boleh di bawah satu juta hektar per bulan, kalau di bawah itu berbahaya. Itu bisa bermasalah tiga bulan berikutnya,” ucap Amran.

Kendati demikian, Mentan Amran memastikan ketersediaan pangan dalam negeri sampai dengan Oktober 2024, yakni saat Presiden terpilih Prabowo Subianto mulai menjabat masih terbilang aman. Sebab, sejak awal tahun tingkat penanaman terus mencapai target.

“Sebelumnya kan mulai Januari kita tanam, sampai hari ini kita tanam, Alhamdulillah aman. Sampai hari ini aman, sampai pelantikan presiden terpilih aman,” tandasnya.

Temukan kami juga di Google News

Baca Juga :

BERITA LAINNYA

Bappebti Ajak Pengusaha Kelapa Sawit “Main” di Bursa CPO Mentah Indonesia

Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti) mengajak pelaku usaha minyak kelapa sawit mentah (crude palm oil/CPO) di Indonesia untuk berpartisipasi aktif dalam transaksi di Bursa CPO Indonesia.

Hari Minggu, Harga Emas Antam Libur Dulu

Harga emas batangan bersertifikat keluaran PT Aneka Tambang Tbk (ANTM) alias emas Antam terpantau tidak mengalami perubahan alias stagnan pada perdagangan hari ini, Minggu 7 Juli 2024.

Rapor Bursa Saham Sepekan, Kapitalisasi Pasar Catatkan Rekor Tertinggi

Indeks harga saham gabungan (IHSG) pada akhir perdagangan pekan ini mengalami kenaikan sebesar 2,69 persen ke level 7.253,3, dari penutupan pekan lalu yang berada di level 7.063,5.

Harga Emas di Pegadaian Melambung, Siap Tarik Cuan?

Harga emas batangan yang dijual di PT Pegadaian (Persero), yakni emas batangan jenis Antam kompak naik pada perdagangan hari ini, Minggu 7 Juli 2024.

Syam Basrijal Ingatkan Orang Dalam Jadi Ancaman Serius Keamanan Siber

Pengamat dan praktisi keamanan data, Syam Basrijal mengatakan, semakin canggihnya penjahat siber mendorong organisasi untuk mencurahkan lebih banyak perhatian untuk melindungi sistem organisasi mereka dari serangan.

Lagi Cari Kerja? Fresh Graduate Wajib Lakukan 7 Langkah Ini

Mencari pekerjaan bagi Sobat yang menyandang status sebagai fresh graduate menjadi proses yang penuh rintangan. Persaingan yang ketat dan minimnya pengalaman kerja terkadang menjadi batu sandungan untuk mendapatkan pekerjaan yang ideal.
Presiden dan Wakil Presiden Terpilih 2024 - 2029
Sudaryono

HOLOPIS FEEDS