JAKARTA, HOLOPIS.COM – Salah satu bentuk kecintaan umat Islam kepada Nabi Muhammad SAW adalah memperbanyak mengucapkan salam kepada orang paling mulia di muka bumi ini tersebut. Membaca shalawat adalah cara menyampaikan salam kepada Nabi Muhammad SAW. Tidak hanya di momentum bulan Maulid saja, akan tetapi sangat dianjurkan dilakukan setiap saat.

Apalagi membaca shalawat Nabi Muhammad SAW sama sekali tidak ada ruginya. Pasalnya, barang siapa yang mengucapkan shalawat kepada Nabi Muhammad, maka Allah SWT akan membalas mengucapakan salam kepadanya sebanyak 10 kali.

Inilah bentuk dari betapa agungnya Nabi Muhammad SAW sebagai manusia suci dan hamba terkasih dari Sang Maha Pencipta. Dan berikut adalah hadistnya.

عَنْ عَبْدِاللهِ بْنِ عَمْرٍو بْنِ الْعَاصِ رَضِيَ اللهُ عَنْهُمَا اَنَّهُ سَمِعَ رَسُوْلَ اللهِ صلى الله عليه وسلم يَقُوْلُ مَنْ صَلَّى عَلَيَّ صَلاَةً صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ بِهَا عَشْرًا رواه مسلم.

Artinya : “Dari Abdullah bin Amru bin al-Ash bahwa dia mendengar Nabi SAW bersabda: Barang siapa yang bershalawat untukku dengan satu shalawat, niscaya Allah akan bershalawat atasnya sepuluh kali”. Hadist riawatat Muslim : 577.
Selain itu, ada 3 (tiga) manfaat yang sangat bisa dirasakan ketika kita sering mengucapkan shalawat kepada Nabi Muhammad SAW. Antara lain ;

1. Sedih hilang, bahagia datang
Jika kita mengamalkan amaliah yang baik ini yakni rajin membaca shalawat, maka perasaan gundah, gelisah, cemas, sedih, takut akan berangsur hilang. Sementara hati akan terasa tentang dan kebahagiaan pun muncul.

مَن صلَّى عليَّ صلاةً واحدةً صلَّى اللَّهُ عليهِ عشرَ صلَواتٍ ، وحُطَّت عنهُ عشرُ خطيئاتٍ ، ورُفِعَت لَهُ عشرُ درجاتٍ

“Barang siapa di antara umatmu yang bershalawat kepadamu sekali, maka Allah menuliskan baginya sepuluh kebaikan, menghapuskan dari dirinya sepuluh keburukan, meninggikannya sebanyak sepuluh derajat, dan mengembalikan kepadanya sepuluh derajat pula’.” (HR Ahmad).

2. Rasa cinta kepada Rasulullah semakin besar
Tidak perlu bertemu secara fisik dengan Rasulullah untuk bisa mencintainya dengan sepenuh hati. Akan tetapi berbekal iman dan takwa kepada Rasulullah, seraya sering mengagungkan namanya dan mengucapkan salam cinta kasih maka rasa cinta kepada nabi yang paling mulia itu akan semakin besar.

Barang siapa yang mencintai Rasulullah SAW, maka kelak di akhirat akan mendapatkan syafaatnya dan akan bersama Nabi Muhammad di suraga-Nya Allah.

وعن ابن مسْعُودٍ أنَّ رسُول اللَّهِ ﷺ قَالَ: أَوْلى النَّاسِ بِي يوْمَ الْقِيامةِ أَكْثَرُهُم عَليَّ صَلاَةً رواه الترمذي

“Manusia yang paling berhak bersamaku pada hari kiamat ialah yang paling banyak membaca shalawat kepadaku.” (HR Tirmidzi).

3. Mudah terkabul doanya
Orang yang sering membaca shalawat maka Allah akan sering mengucapkan salam kepadanya. Dan salah satu cara bisa mendapatkan kasih sayang Allah SWT adalah dengan mencintai dan mengasihi kekasih Allah, yakni Rasulullah SAW. Dengan demikian, apapun yang menjadi hajat dan doa seseorang tersebut akan mudah sekali sampai dan dikabulkan oleh Allah SWT.

وعن عبدِ الله بن عمرو بن العاص رضي الله تعالى عنهما أنّه سَمِعَ رسولَ الله صلى الله عليه وسلم يقول: «إذا سَمِعْتُمُ النِدَاءَ فقولوا مثلَ ما يقولُ، ثمَّ صَلُّوا عَلَيَّ، فإنّه مَنْ صَلّى عَلَيَّ صلاةً صلى اللهُ عليه بها عَشْرَا، ثمّ سلوا اللهَ ليَ الوَسِيْلَةَ، فإنّها مَنْزِلَةٌ في الجنّة لا تنبغي إلاّ لِعَبْدٍ مِنْ عباد الله، وأرجو أن أكونَ أنا هو، فَمَنْ سألَ لِيَ الوَسِيْلَةَ حَلَّتْ لَهُ الشَفَاعَةَ» (مسلم)،

Dari Abdullah bin Umar, dia mendegar Rasulllah SAW bersabda: “Jika kalian mendengar adzan, maka ucapkanlah seperti yang diucapkan muadzin, kemudian bershalawatlah kepadaku. Sesungguhnya orang yang bershalawat kepadaku sekali, maka Allah akan bershalawat untuknya sepuluh kali. Lalu, mintalah kepada Allah wasilah untukku karena wasilah adalah sebuat tempat di surga yang tidak akan dikaruniakan, melainkan kepada salah satu hamba Allah. Dan, aku berharap bahwa akulah hamba tersebut. Barang siapa memohon untukku wasilah, maka ia akan meraih syafaat.” (HR Muslim).