JAKARTA, HOLOPIS.COM – Taliban mendapatkan dukungan 10 kekuatan regional dalam pembicaraan di Moskow, Rabu (20/10) untuk gagasan konferensi donor PBB.

Aksi ini diklaim dapat membantu mencegah keruntuhan ekonomi dan bencana kemanusiaan di Afghanistan.

Rusia, China, Pakistan, India, Iran, dan lima negara bekas Uni Soviet bergabung dengan Taliban untuk mendesak PBB menyelenggarakan konferensi secepat mungkin guna membangun kembali Afghanistan.

Dilansir dari Reuters, mereka mengatakan itu harus dilakukan ‘dengan pemahaman, tentu saja, bahwa beban utama … harus ditanggung oleh pasukan yang kontingen militernya hadir di negara ini selama 20 tahun terakhir’.

Hal tersebut pun merujuk pada langkah Amerika Serikat dan sekutunya yang menginvasi Afghanistan setelah serangan 11 September 2001 hingga penarikan pasukan yang membuka jalan bagi Taliban merebut kendali pada Agustus lalu.

Amerika Serikat memilih absen dalam pembicaraan dengan alasan teknis, tetapi mereka membuka kemungkinan bergabung dalam agenda di masa mendatang.

Rusia memimpin seruan terhadap bantuan internasional dengan menyadari bahwa konflik dari Afghanistan mengancam stabilitas regional.

“Tidak ada yang tertarik dengan kelumpuhan total seluruh negara bagian, yang berbatasan, antara lain, CIS (Persemakmuran Negara-negara Merdeka),” kata juru bicara Kremlin, Dmitry Peskov.