JAKARTA, HOLOPIS.COM Duta Besar (Dubes) Kolombia untuk Indonesia, Juan Camilo Valencia Gonzalez mendatangi Kementerian Pertahanan Republik Indonesia, bertemu langsung dengan Menteri Pertahanan (Menhan) Letnan Jenderal TNI Purn. Prabowo Subianto pada hari Jumat (22/10).

Kehadiran Dubes Kolombia itu, merupakan lanjutan dari kunjungannya ke PT Pindad (Persero) tahun 2019 lalu.

Saat itu, Juan Camilo secara langsung menunjukan ketertarikannya pada kendaraan tempur Ampibi Excava 200 Amphibious buatan PT Pindad.

Kunjungan Dubes Kolombia ke PT Pindad, juga menjadi salah satu upaya meningkatkan dan memperkuat hubungan kerja sama bilateral kedua negara yang terjalin lebih dari 40 tahun lamanya.

Untuk diketahui, hubungan diplomatik RI dengan Kolombia secara resmi dimulai sejak 15 September 1980 namun RI dan Kolombia hingga saat ini belum memiliki kerja sama bidang pertahanan yang secara resmi dituangkan dalam bentuk MoU.

Oleh karena itu, dalam satu dekade terakhir, Indonesia dan Kolombia tengah mengupayakan peningkatan kerja sama pertahanan, khususnya di bidang industri pertahanan. Menhan Prabowo menyambut baik dan berharap hubungan kerja sama pertahanan kedua negara dapat terwujud di kemudian hari.